Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Forehand Drivedalam Permainan Tenis Meja Dengan Menggunakanmedia Rintangan Pada Siswa Kelas Viii Mts N 6 Tebo Tahun Ajaran 2018/2019
Efforts To Increase Forehand Drive Learning Outcomes In Table Tennis Games By Using Obstacle Media In Class Viii Students Of Mts N 6 Tebo Academic Year 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v5i1.15521Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Mts N 6 Tebo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media rintangan yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Mts N 6 Tebo Tahun Ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian sebanyak 35 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik forehand drive sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat dari 35 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (28%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 25 orang siswa (72%) belum memilki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 65,71. (2) pada siklus dapat dilihat bahwa ternyata dari 35 orang siswa, terdapat 27 orang siswa yang tuntas (77,14%) yang sudah memilki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 7 orang siswa (22,86%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai ( 79,68 ). Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas Mts N 6 Tebo Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Forehand Drive Tenis Meja, Media Rintangan Pada