Meningkatkan Partisipasi Belajar Lari Sprint Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 132/1 Hajran

Increase Participation in Sprint Running Through Traditional Games in Students of Class V State Elementary School 132/1 Hajran

Authors

  • Bowo Handoko Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v5i2.15519

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research), tindakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua siklus, dalam tiap siklus menunjukan perkembangan proses pembelajaran jasmani pada materi lari sprint. Data penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran lari sprint melalui penerapan permainan tradisional dapat menciptakan pembelajaran lebih aktif, siswa antusias mengikuti pembelajaran dan senang dalam melakukan tugas gerak yang diberikan guru sehingga keterampilan gerak siswa dan penguasaan materi lari sprint meningkat sehingga nilai hasil belajar lari sprint yang diperoleh siswa juga meningkat dari kondisi awal persentase siswa yang nilainya mencapai KKM 75 sebesar 40% atau 15 anak dari jumlah keseluruhan siswa, pada tindakan siklus pertama persentase siswa yang nilainya mencapai KKM mencapai 70% atau sebanyak 20 siswa kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan belajar mencapai 86% atau sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan tradisional pada materi pembelajaran lari sprint dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri 132/1 Hajran Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. Penulis memberi saran bagi guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukan dapat meningkat sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Kata kunci: Lari Sprit, Permainan Tradisional

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-22

How to Cite

Handoko, B. (2021). Meningkatkan Partisipasi Belajar Lari Sprint Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 132/1 Hajran: Increase Participation in Sprint Running Through Traditional Games in Students of Class V State Elementary School 132/1 Hajran. Cerdas Sifa Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.22437/csp.v5i2.15519