Pelatihan Note Taking bagi Siswa Madrasah

Authors

  • Radiatan Mardiah Universitas Jambi
  • Melati Universitas Jambi
  • Nyimas Triyana Safitri Universitas Jambi
  • Nely Arif Universitas Jambi
  • Lilik Ulfiati Universitas Jambi

Keywords:

note taking, siswa madrasah

Abstract

Membuat catatan (note taking) merupakan keterampilan penting dalam kegiatan akademik. Namun, belum semua siswa membuat catatan dalam membantu pembelajaran mereka. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan note taking  yang efektif bagi siswa Madrasah Aliyah swasta Al Mahdaliyah kota Jambi. Pelatihan dilakukan oleh tim literasi FKIP Universitas Jambi untuk melatih siswa madrasah tersebut menggunakan strategi membuat catatan secara konvensional dan digital. Pelatihan dilakukan dalam tiga tahapan. Pertama, diskusi terfokus bersama siswa yang dilakukan untuk menjajaki bagaimana mereka membuat catatan. Kedua, penjelasan mengenai fungsi mencatat dan metode mencatat. Ketiga, pelaksanaan praktik mencatat dari bacaan yang telah disediakan. Hasil diskusi terfokus menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa mencatat informasi penting yang mereka simak dan yang ada pada bacaan. Hal ini terjadi karena mereka belum mampu memilah informasi penting dan kurang penting. Malas mencatat dan jarang membaca catatan kembali, merupakan tantangan mereka dalam membuat catatan. Dapat disimpulkan bahwa siswa madrasah membutuhkan lebih banyak latihan agar bisa mencatat secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30