Potensi Tumbuhan Rempah dan Bumbu yang Digunakan dalam Masakan Lokal Buton sebagai Sumber Belajar

(Potential of Herbs and Spices Used in Local Buton Cuisine as Learning Resources)

Authors

  • Dyah Pramesthi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Isyana Ardyati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Agus Slamet Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9861

Keywords:

tumbuhan rempah, bumbu, sumber belajar

Abstract

The background of this research is the use of herbs and spices in local cuisine which has a distinctive taste that varies from one region to another. Information about the type of herbs and spices used in local cuisine has the potential to be a source of learning. This study aims to determine the diversity of herbs and spices used in local Buton cuisine and their use as a learning resource. This research is qualitative study beginning with an inventory of herbs and spices and then analyzed descriptively about its use as a learning resource. The results showed that the herbs and spices used in local Buton cuisine were very simple and had a tendency to be sour and spicy. This information can be used as a source of learning in natural science in junior high school levels, as well as basic catering in the introduction of spices for the vocational high school level.

Abstrak.Latar belakang penelitian ini adalah  penggunaan rempah dan bumbu dalam masakan lokal berpengaruh pada perbedaan cita rasa khas antara satu daerah dengan daerah lain. Informasi tentang jenis-jenis tumbuhan rempah dan bumbu yang digunakan dalam masakan lokal tersebut berpotensi untuk dijadikan sumber belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan rempah dan bumbu yang digunakan dalam masakan lokal Buton dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diawali inventarisasi tumbuhan rempah dan bumbu kemudian dianalisis secara deskriptif tentang pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan rempah dan bumbu yang digunakan dalam masakan lokal Buton sangat sederhana dan memiliki cita rasa cenderung masam dan pedas. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPA tingkat SMP, serta mata pelajaran Boga Dasar dalam materi pengenalan bumbu-bumbu untuk tingkat SMK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisha, D., Ibrohim, I., & Rochman, F. F. (2020). Handout Biologi Berbasis Potensi Lokal Pantai Ujong Blang untuk Siswa SMK Perairan dan Kelautan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 693–699. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13571
Demayanti, F., & Soenarto, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Bumbu Dan Rempah Pada Mata Pelajaranpengolahan Makanan Kontinental. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i1.14028
Fajriah, Z. L., & Anggereini, E. (2016). Pengembangan Edu Komik Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dan Lingkungannya Di Sekolah Menengah Pertama. Biodik, 2(1).
Hafis, R. I. (2019). Kejayaan Rempah Maluku (Sebuah Tinjauan Etnohistory). Universitas Andalas.
Hakim, L. (2015). Rempah dan Herba Kebun-Pekarangan Rumah Masyarakat: Keragaman Sumber Fitofarmaka dan Wisata Kesehatan-Kebugaran. In Diandra Pustaka Indonesia. Yogyakarta.
Hariyadi, B., & Kurniawan, D. A. (2018). Deceiving the Queen: Integrating Jambinese Traditional Honey Gathering into Science Learning. BIODIK, 4(2), 60–76. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.5870
Mulyawan, I. B., Handayani, B. R., Dipokusumo, B., Werdiningsih, W., & Siska, A. I. (2019). The Effect of Packaging Technique and Types of Packaging on the Quality and Shelf Life of Yellow Seasoned Pindang Fish. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 22(3), 464–475. https://doi.org/10.17844/jphpi.v22i3.28926
Mumpuni, K. E., Susilo, H., & Rohman, F. (2013). Potensi tumbuhan lokal sebagai sumber belajar biologi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 11(1), 825–829. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7922
Primack, R. B., Supriatna, J., & Indrawan, M. (2007). Biologi Konservasi Edisi Revisi. In Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Rochmawati, N., Nailah, N., & Oktariadi, I. (2013). Penelusuran Jejak Makanan Khas Semarang Sebagai Aset Inventarisasi dan Promosi Wisata Kuliner Jawa Tengah. DIPOIPTEKS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Undip, 1(1), 7–11. https://doi.org/https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dipoipteks/article/view/5462
Situmorang, R. P. (2018). Analisis potensi lokal untuk mengembangkan bahan ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Slamet, A., Andarias, S. H., Ardiyati, D. P. I., Yenni, B., & Inang, W. D. F. (2020). Potential of Local Plants from Buton Island as a Source of Learning Biology. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 26–32. https://doi.org/http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/1555
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Susilo, M. J. (2018). Analysis of environmental potential as a useful source of biological learning. Procending Biology Education Conference, 15(1), 541–546.
Yana, T., Malik, A., & Kurniawan, F. (2018). Study Jenis Rempah–Rempah Dan Pemanfaatannya Di Pasar Tradisional Angso Duo. Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. https://doi.org/http://repository.uinjambi.ac.id/1001/
Yastuti, H. I., Meilinda, M., & Nazip, K. (2014). Identifikasi Materi Lokal Sebagai Sumber Belajar Sains Biologi Smp Di Kota Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 127–138. https://doi.org/https://core.ac.uk/reader/267822790

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Dyah Pramesthi, Isyana Ardyati, & Agus Slamet. (2020). Potensi Tumbuhan Rempah dan Bumbu yang Digunakan dalam Masakan Lokal Buton sebagai Sumber Belajar: (Potential of Herbs and Spices Used in Local Buton Cuisine as Learning Resources). BIODIK, 6(3), 225-232. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9861