This is an outdated version published on 2020-03-12. Read the most recent version.

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi

Effect of the used of Biology Learning Media Based on Mobile Learning on Learning Interest and Creative Thinking Ability of High School Students in Masohi City

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061

Keywords:

Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Biology Learning Media Based on Mobile Learning is important to be developed to fulfill student’s need in industrial revolution 4.0.  This study aims to determine the effect of using Biology Learning Media Based on Mobile Learning on high school students' learning interest and the creative thinking ability in Masohi City. This research is a quasi experiment with the design of Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. The samples are SMA Negeri 1 Masohi and SMA Negeri 2 Masohi. The result of this study shows that there is an effect of the use of Biology Learning Media Based on Mobile Learning on learning interest and creative thinking abilities of high school students in Masohi City. Related to the results of this study, it is recommended for high school biology teachers in Masohi City to use Biology Learning Media Based on Mobile Learning in class because it gives meaningful practical experience so that students' interest in learning and creative thinking skills can be improved.

Keywords: Biology Learning Media Based on Mobile Learning, Learning Interest, Creative Thinking Ability.

Abstrak: Media pembelajaran biologi berbasis mobile learning penting dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa seiring perkembangan revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran biologi berbasis Mobile Learning terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA di Kota Masohi. Penelitian ini termasuk quasi eksperiment dengan rancangan Pretest-Postest Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian adalah SMA Negeri 1 Masohi dan SMA Negeri 2 Masohi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Mobile Learning terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA di Kota Masohi. Terkait dengan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk guru-guru biologi SMA di Kota Masohi agar lebih sering menggunakan media pembelajaran berbasis Mobile Learning dalam pembelajaran di kelas karena melalui pembelajaran tersebut siswa memperoleh pengalaman praktek yang berarti (meaningful) sehingga minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan. 

Kata kunci:   Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01–09.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Benny A.P. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran (Dian Rakya (ed.)
Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media, LLC
Cabanban, C. L. G. (2013). Development of Mobile Learning Using Android Platform. International Journal of Information Technology & Computer Science ( IJITCS ), 9(1, pp 98–106).
Calimag, J. a N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering and Technology, 2(2),(pp 119–128).
Dwi Masfufah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning ( M- Learning) Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan untuk Siswa Kelas XI MIA SMA / MA. 1–38.
Hidayat, E. W. (2018). Pengembangan M-Learning Untuk Peningkatan Kompetensi Dasar Pneumatik Di Sekolah Menengah Kejuruan. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 8(2), 113–122.
Aina, M., & Sadikin, A. (2015). Profil Berpikir Kreatif Mahasiswa Tipe Phlegmatis dalam Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(1), 43489.
Muhajir Mawaddah. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Flipchard Berbasis Lokal Material Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Artikel Skripsi Universitas PGRI Kediri.
Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., ... & Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers' Survey and Perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269-281. DOI: http://dx.doi.org/10.3926/jotse.662
Nehe, M., Surya, E., Syahputra, E. (2017). Creative Thinking Ability to Solving Equation and Nonequation of Linear Single Variable in VII Grade Junior High School. IJARIIE, 3(2).
Nurmasari, N., Kusmayadi, A, T., R. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota BanjarBaru. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4).
Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). Creative Thinking ( Berpikir Kreatif ) dalam Pembelajaran. December.
Prawiradilaga., Salma, D., dan S. (2007). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenata Media.
Rasyid, A., & Gaffar, A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Model Games “Antibody vs Antigen” Menggunakan RPG Maker MV pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun. BIODIK, 5(3), 225-238. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7870.
Ratu, H., Negara, P., Riska, K., Kurniawati, A., & Mandailina, V. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kemajuan, 2(2).
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590.
Saefudin, A. A., Yogyakarta, U. P., Pgri, J., & No, S. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( Pmri ). Al-Bidayah, 4(1), 37–48.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Utomo, A. B., Yelianti, U., & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11, 93–104.
Wahono. (2014). Kualitas Pembelajaran Siswa Smk Ditinjau Dari Fasilitas Belajar (1st ed.). Jurnal Ilmiah Guru.
Wahyunigsih, D., Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Downloads

Published

2020-03-12

Versions

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi: Effect of the used of Biology Learning Media Based on Mobile Learning on Learning Interest and Creative Thinking Ability of High School Students in Masohi City. (2020). BIODIK, 6(1), 46-57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061

Issue

Section

Articles