Difficulty Analysis of Science Teacher on the Curriculum 2013 Learning Implementation in Seventh Grade Classes Junior High School of Jambi City

  • Fitri Yanti Guru SMA di Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo
  • Evita Anggeraini Universitas Jambi
  • Retni S Budiarti Universitas Jambi
Keywords: teacher difficulties, 2013 curriculum, 2013 curriculum learning

Abstract

Curriculum is a guide to the implementation of learning activities to achieve educational
goals. The Education Unit Level curriculum in 2006 was refined into the 2013 curriculum, the
2013 curriculum is a new curriculum that was implemented in the 2013/2014 school year, yet the
socialization has not been comprehensive. There is a hesitation that it will not be carried out
properly by educators due to the difficulties that the educators obtained. This study aims to
determine the difficulties faced by science teachers in the implementation of 2013 curriculum
learning, this research is descriptive analytic. The research method was carried out through two
activities: field and non-field activities. The data taken were quantitative data from questionnaires
and interviews, while qualitative data were taken through observation. Subjects in this study were
teachers in the seventh grade Natural Sciences (IPA) class, the students, and the representatives of
the curriculum. The results showed that the difficulties experienced by the teachers in implementing
the Lesson Plan (RPP) were very low at only 11%, parallel with the difficulties in implementing
learning with only 16.2%, and the difficulties in evaluating with only 34 %. The low percentage of
difficulties indicates that it is not the aspect of learning implementation that complicates the 2013
curriculum but other aspects. Based on the study, it can also be concluded that the 2013
curriculum is effective to be implemented despite the fact that some teachers had not participated
in the 2013 curriculum socialization. Mostly, the teachers had carried out the 2013 curriculum
learning activities effectively, students also partly responded well and were motivated to learn with
the 2013 curriculum implementation. Parts of the data also revealed statements about difficulties in
learning with the 2013 curriculum. The data explicated that the students were not motivated and
not involved in learning activities due to the curriculum implementation.
Keywords: teacher difficulties, 2013 curriculum, 2013 curriculum learning

Abstrak. Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada tahun 2006 disempurnakan menjadi kurikulum 2013, kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014, sosialisasinya belum menyeluruh dan dikhawatirkan tidak terlaksana dengan baik oleh para tenaga pendidik yang secara langsung menerapkannya, dan para tenaga pendidik tersebut ada beberapa kesulitan yang dialaminya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru IPA dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulm 2013, jenis penelitian ini adalah  deskriptif analitik. Metode penelitian dilaksanakan melalui dua kegiatan yaitu kegiatan lapangan dan non lapangan. Data yang diambil adalah data kuantitatif dari angket dan wawancara, dan kualitatif  melalui observasi . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Ilmu Pengetahuan Alam  (IPA) kelas VII, siswa, dan wakil kurikulum.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat rendah yaitu hanya 11%, kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran juga sama yaitu sangat rendah hanya 16,2%, dan kesulitan dalam mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran rendah presentasenya sebesar 34%. Presentase kesulitan sangat rendah dan rendah berarti bukan aspek dalam melaksanakan pembelajaran yang menyulitkan kurikulum 2013 untuk terlaksana dengan baik, tapi dari aspek-aspek yang lain yang dapat mempengaruhinya. Berdasarkan penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kurikulum 2013 bagus diterapkan tetapi dilapangan masih didapati guru yang belum mengikuti sosialisasi kurikulum 2013, tapi guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 dengan baik, siswa juga sebagian merespon bagus dan termotivasi semangat belajar dengan kurikulum 2013, dan ada juga sebagian yang responya negatif dengan pernyataannya bahwa belajar dengan kurikulum 2013 sangat menyulitkan siswa, siswa tidak termotivasi dan tidak merasa dilibatkan di dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: Kesulitan guru, kurikulum 2013, pembelajaran kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dakir. (2004). Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantari.P.M.A. (2014). Identifikasi Kesulitan Guru IPA Dalam Me laksanakan Pembelajaran Kuri-kulum 2013 Di SMP Negeri I Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Fadlillah. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembe-lajaran SD, SMP/MTs, dan SMA/MA.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2010). kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harlis & Budiarti, R.S. (2017). Pengembangan bahan ajar praktikum dan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah mikologi program studi pendidikan biologi universitas jambi. Jurnal BIODIK. 3 (2), 102-112.

Kusuma. D. (2014). Potret kesulitan guru dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar se-kabupaten bantul daerah istimewa yogyakarta. Jurnal pendidikan biologi.1(1), 1-18.

Nasution, (2005). Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwanti, L. E dan Amri S. (2013). Panduan memahami kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2013). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Bandung: Al-fabeta.

Sadikin, A. (2016). Penerapan asesmen berbasis portofolio dan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. Jurnal BIODIK, 2(2), 50-61.

Sadikin, A. (2018). Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.

Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar - Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal BIODIK, 3(2), 74-82.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyosari. P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-01-07
How to Cite
Yanti, F., Anggeraini, E., & Budiarti, R. (2019). Difficulty Analysis of Science Teacher on the Curriculum 2013 Learning Implementation in Seventh Grade Classes Junior High School of Jambi City. BIODIK, 4(2), 105-113. https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.6124
Section
Articles