Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA
(The Development of Android Application-Based Learning Media on Excretory System Material for Eleventh Grade of Senior High School)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v10i3.20456Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran Biologi pada materi sistem ekskresi, (2) untuk mengetahui kelayakan produk aplikasi berbasis Android sebagai media pembelajaran Biologi pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA (3) serta mengetahui uji keterbacaan siswa terhadap prototype media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA. Jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi sampai pada tahap Development karena keterbatasan waktu penelitian. Validasi media pembelajaran berbasis aplikasi Android dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Biologi. Media yang dikembangkan dilakukan uji keterbacaan kepada 36 siswa kelas XI IPA SMA. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android pada sistem ekskresi kelas XI SMA berdasarkan penilaian : (1) ahli materi diperoleh 81,52%, termasuk kategori sangat layak (2) ahli media diperoleh 79,89% termasuk kategori sangat layak, (3) praktisi pembelajaran Biologi diperoleh 96,05% termasuk kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media ini menunjukkan respon positif dengan presentase ≥70% pada setiap indikator. Dengan demikian media pembelajaran berbasis aplikasi android pada sistem ekskresi pada kelas XI SMA ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : android, media Pembelajaran, pengembangan, sistem ekskresi, validitas
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Faisal, M. (2016). Pengaruh media pembelajaran Biologi berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X semester I MA Nurul Haramain NW putri Narmada tahun pelajaran 2016/2017/Muhammad Faisal.
Hasan, M., Milawati, M. P. I., Darodjat, M. P. I. D., & Khairani, M. A. I. D. T. (2021). Media pembelajaran. Penerbit Tahta Media Group.
Herwati, “Pengembangan Media Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi,” Jurnal Lentera PendidikanLPPM UM Metro 1, no. 1 (2016): 32
Kiswanto, H. (2012). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga. MATHEdunesa, 1(1).
Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam eningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.
Nuroifah, N., & Bachri, B. S. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi sistem ekskresi siswa kelas xi sma negeri 1 dawarblandong mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-10.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA: Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution on Ecosystem Material for High School Students. Biodik, 5(2), 131-138.
Siswoyo,Dwi. (2015). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran Biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vania Diah Salsabila Kusumadyanta, Yuni Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).