Kelayakan Video Tutorial Metode Replika pada Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan XI SMA

(Feasibility of Video Tutorial on Replica Method in Submaterial Structure and Function of Plan Tissue XI SMA)

Authors

  • Deswinda Perkiliasari Tanjungpura University
  • Entin Daningsih Universitas Tanjungpura
  • Asriah Nurdini Mardiyyaningsih Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19947

Abstract

This study ained to describe the development and feasibility of a replica method in video tutorial on the structure and function of plant tissue submaterials for class XI SMA. The use of the replica method in this study was to find out the procedure for leaf printing to see the stomata. This study used research and development methods, namely 4D models but is limited to the first three stages (define, design, delevop). The instrument used in this research was a validation sheet and validators consisting of five people with 10 aspects and 23 assessment criteria. The results of the validation of the tutorial video media of them validion of CVI 1. Based on the CVI on validion achetment results, it can be concluded that the video tutorial media was valid and feasible to use in learning of the structure and function of plant tissue sub-materials.

Key words: Video Tutorial, Replication Method, Submaterials Structure and Function of Plant Tissue

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang pengembangan dan kelayakan dari video tutorial metode replika pada submateri struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI SMA. Penggunaa metode replika dalam penelitian ini mengetahui tata cara pencetakan daun untuk melihat stomata. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan yaitu model 4D namun dibatasi pada 3 tahap pertama (define, design, delevop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar validasi dan validator terdiri 5 orang dengan 10 aspek dan 23 kriteria penilainya. Hasil validasi media video tutorial  dengan nilai CVI 1. Berdasarkan nilai CVI yang mencapai 1 maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada submateri struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Kata kunci: Video Tutorial, Metode Replika, Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anu, O., Rampe, H.L & Pelealua, J.J. (2017). Stuktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Beberapa Tumbuhan Suku Euphorbiaceae. Jurnal Mipa Unsrat Online, 6(1) : 69-73.

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 9 (1) : 1-13.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2) : 90-97.

Handini, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa Kelas VII. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia,dan Pembelajarannya, 4(2), 233-241.

Ihsan, A. (2019). Kelayakan Media Video Tutorial Pada Sub Materi Pencemaran Air di Kelas X SMA.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-8.

Kusuma, D., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial

Facebokk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online di SMK Negeri 3 Surakarta. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kusumawati, M.A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Materi Struktur - Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 19-26.

Lawshe, C. H (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, Vol. 28, 563-575. DOI:10.1111/j1975.

Nugroho, H. (2016). Kelayakan Media Flash Flipbook Pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(9), 1-10. DOI: 10.26418/jppk.v5i9.16522

Nurhuda, A. (2019). Kelayakan Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Gen, Jenis, Dan Ekosistem Di Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(11), 1-13. DOI: 10.26418/jppk.v8i11.37182

Nurseto, T. (2011). Membuat media Pembelajaran yang Baik. Jurnal ekonomi dan pendidika , 1(1), 19-35.

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Promosi, 3(2), 11-20.

Sari, D.P., & Harlita. (2018). Preparasi Hands Free Section dengan Teknik Replika untuk Identifikasi Stomata. Proceeding Biology Education Conference, 15(1): 660-664.

Syarifah. (2018). Pengembangan Video Tutorial Sub Materi Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Untuk

Praktikum Pembuatan Semprong Pisang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-13.

Thiagarajan, S., Semmell, D.S., and Semmel, M.I. (1974). Instructional Development forTraining Teachers of Exceptional Children : A Source Book. Indiana:ERIC

Widodo, E., Afandi, & Candramila, W. (2021). Kelayakan Film Dokumenter Pada Materi Jenis-Jenis Bahan Baku Pakan Kelas X SUPM Negeri Pontianak. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi. 10(2), 248-265. Di unduh di DOI: 10.26877/bioma.v10i2.7903

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Perkiliasari, D., Entin Daningsih, E. D., & Asriah Nurdini Mardiyyaningsih, A. N. M. (2023). Kelayakan Video Tutorial Metode Replika pada Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan XI SMA: (Feasibility of Video Tutorial on Replica Method in Submaterial Structure and Function of Plan Tissue XI SMA). BIODIK, 9(2), 5-12. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19947

Issue

Section

Articles