Systematic Literatur Review: Identifikasi Keefektifan Pembelajaran Daring di Indonesia

(Systematic Literature Review: Identification Effectiveness of Online Learning in Indonesia)

Authors

  • Dayana Fazira UIN Sumatera Utara
  • Ayu Fitri Jumain UIN Sumatera Utara
  • Vira Putri Fadhilah UIN Sumatera Utara
  • Putri Puspita Sari UIN Sumatera Utara
  • Miftha Sandia Arilla UIN Sumatera Utara
  • Erna Suyanti UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19201

Abstract

Online learning (e-learning) is a learning system that is used to provide educational materials to students by accessing the internet through platforms. The purpose of this research is to obtain information about the effectiveness of the online learning process in Indonesia. The study used a systematic literature review (SLR) method. With the stages of identifying, reviewing, evaluating, and interpreting all available research. The results of this study are that online learning is less effective due to the lack of facilities and infrastructure and the unpreparedness of technology education. The lack of facilities and infrastructure that is influenced by economic factors and technological unpreparedness is also an obstacle in the ongoing online learning activities. So that the learning outcomes provided by students are not 100% smooth or effective.

Key words: online learning, learning effectiveness, Covid-19 pandemic.

 

ABSTRAK

Pembelajaran daring (e-learning) adalah sistem pembelajaran yang digunakan untuk memberikan materi pendidikan kepada siswa dengan mengakses internet melalui platform. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang keefktifitasan proses pembelajaran daring di Indonesia. Penelitian menggunakan metode sistematika literature review (SLR). Dengan tahapan  mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi, dab menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Hasil dari penelitian ini adalah kurang efektif nya pembelajaran daring karena faktor kurangnya sarana dan prasarana serta ketidaksiapan edukasi teknologi. Kurang nya sarana dan prasarana yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan ketidaksiapan teknologi juga menjadi suatu hambatan dalam berlangsungnya kegiatan belajar online. Sehingga hasil belajar yang diberikan oleh pemelajar tidak 100% lancar atau efektif.  

Kata kunci: pembelajaran daring, efektifitas belajar, pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2544/pdf

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Choiri, M., Fajrin, M. C., Novianti, T. A., & Putri Ms, E. N. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Online Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(1), 29. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.21422

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89

Fadella, C., & Fikri, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020. Journal Of Biology Education, 4(1), 94. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i1.11147

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11.

Fortuna, R. A., & Fitria, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2054–2061. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1034/pdf

Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. Indonesian Science Education Journal, 1(3), 225–236. https://siducat.org/index.php/isej/article/view/106

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Lin, C. S., & Wu, R. Y. W. (2016). Effects of Web-Based creative thinking teaching on students’ creativity and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1675–1684. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1558a

Marbun, P., Pembelajaran, M., & Efektif, P. (2020). Disain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid. CSRID Journal, 12(2), 129–142. http://csrid.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/CSRID/article/view/408/199

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Puji Asmaul Chusna, & Ana Dwi Muji Utami. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26-31.

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381–388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.143

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90-97.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Prosiding, 1(1), 1–5. https://www.researchgate.net/publication/338713765_Pengaruh_Daring_Learning_terhadap_Hasil_Belajar_IPA_Siswa_Sekolah_Dasar

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zulfiani, Tri Endah Irianti, D. P. R. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Group Investigation Di Mts Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. In Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah (Issue September).

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Fazira, D. ., Jumain, A. F. ., Fadhilah, V. P. ., Sari, P. P. ., Arilla, M. S. ., & Suyanti, E. . (2023). Systematic Literatur Review: Identifikasi Keefektifan Pembelajaran Daring di Indonesia: (Systematic Literature Review: Identification Effectiveness of Online Learning in Indonesia). BIODIK, 9(1), 21-30. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19201

Issue

Section

Articles