Hybrid Learning : Desain Pembelajaran Praktikum Botani Tumbuhan Berpembuluh untuk Menunjang Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

(Hybrid Learning : Design of Practical Learning Design of Vascular Plant Botany For Increasing the College Student Digital Literacy On Limited Face to Face Learning)

Authors

  • Susy Amizera Universitas Sriwijaya
  • Didi Jaya Santri Sriwijaya University
  • Nike Anggraini Sriwijaya University
  • Elvira Destiansari Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18580

Abstract

The pandemic of Covid-19 has caused the diversion of online learning which has an effect on practicum activities, especially in the vascular plant botany. The aims  of this research are (1) to apply the design of vascular plant botany practicum activities in limited face-to-face learning through hybrid learning, and (2) to determine students' digital literacy skills through hybrid learning. The type of research used is qualitative research with descriptive methods. In this study, it will be described how the application of hybrid learning in vascular plant botany practicum activities that can support students' digital literacy skills. The results illustrate that there are three stages of learning in hybrid learning practicum activities, namely the preparation stage, the implementation stage and the presentation stage. In this regard. Students' digital literacy skills are categorized as high on the indicators of Ability to operate/access media and the ability to obtain information, but are categorized as moderate on the ability to communicate through digital media. Thus, hybrid learning practicum learning designs can be implemented in limited face-to-face learning and can also support students' digital literacy skills as prospective teachers to prepare students as prospective teachers in digital learning in the 4.0 era.

Key words: Hybrid Learning, Practicum, Plant, Digital Literacy

 

ABSTRAK

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pengalihan pembelajaran daring yang berpengaruh pada kegiatan praktikum mahasiswa khususnya pada mata kuliah botani tumbuhan berpembuluh. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) menerapkan desain kegiatan praktikum botani tumbuhan perbembuluh dalam pembelajaran tatap muka terbatas melalui hybrid learning, dan (2) mengetahui kemampuan literasi digital mahasiswa melalui hybrid learning.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini akan digambarkan bagaimana penerapan hybrid learning pada kegiatan praktikum botani tumbuhan berpembuluh yang dapat mendukung kemampuan literasi digital mahasiswa  Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat tiga tahapan pembelajaran pada kegiatan praktikum secara hybrid learning, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap presentasi. Berkaitan dengan hal tersebut. Kemampuan literasi digital mahasiswa terkategori tinggi pada indikator Kemampuan mengoperasikan/ mengakses media dan kemampuan memperoleh informasi, namun terkategori sedang pada kemampuan berkomunikasi melalui media digital. Dengan demikian, desain pembelajaran praktikum secara hybrid learning dapat dilaksanakan pada pembelajaran tatap muka terbatas dan juga dapat menunjang kemampuan literasi digital mahasiswa sebagai calon guru untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru pada pembelajaran digital di era 4.0.

Kata kunci: Hybrid Learning, Praktikum, Tumbuhan, Literasi Digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ðbrosimova, G. A. (2020). Digital literacy and digital skills in university study. International Journal of Higher Education, 9(8), 52–58. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p52

Anwar, S., Waris, & Zuhro, F. (2020). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajarsiswa Kelas Xi Ipa Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan. 2(1), 81–85.

Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 328–339.

Kasmawati, Jamilah, & Taufiq, A. U. (2019). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Di Kelas XII IPA SMAN 11 SINJAI. 3(1), 40–51.

Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 112. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.291

Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Calon Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948

Makhin, M. (2021). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan) Hybrid Learning: Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sd Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2). http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Merlina, D. (2021). Pengembangan Kinerja Mikroskop Binokular Menjadi Miskroskop Berkamera untuk Alat Praktikum dan Penelitian. Indonesian Journal of Laboratory, 4(1), 15. https://doi.org/10.22146/ijl.v4i1.64729

Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912

Rachmawati et al. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid Pada Keterampilan Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1Rachmawati et al. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid Pada Keterampilan Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 203–216.), 203–216.

Rifa, M. R., K, R. A., & Hasanah, R. (2020). PLANTNET PADA MATA KULIAH KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. VEKTOR : Jurnal Pendidikan IPA, 1, 29–37.

Rusyada, H., & Nasir, M. (2020). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasa. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Santri, D. J., Amizera, S., & Anggraini, N. (2021). The Effect Of Application Based Android To Develop The Knowledge Of Plant Identification Bioedukasi : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol . XIX No . 2 October 2021 Santri @ The Effect of Application Bioedukasi : Jurna. XIX(2), 100–104.

Saptasari, M. (2012). Peningkatan Minat Mahasiswa pada Taksonomi Tumbuhan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 196–203.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Verawati, & Desprayoga. (2019). Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.

Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27

Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472–481. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681376

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Susy Amizera, Didi Jaya Santri, Nike Anggraini, & Elvira Destiansari. (2022). Hybrid Learning : Desain Pembelajaran Praktikum Botani Tumbuhan Berpembuluh untuk Menunjang Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: (Hybrid Learning : Design of Practical Learning Design of Vascular Plant Botany For Increasing the College Student Digital Literacy On Limited Face to Face Learning) . BIODIK, 8(3), 19 - 27. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18580