Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Teks IPA SMP Kelas VII Tema Pemanasan Global

(Analysis Of Science Process Skills (SPS) In Science Textbook Grade7th Junior High School On The Theme Global Warming)

Authors

  • Nahlin Mutia Solpa universitas sultan ageng tirtayasa
  • Lukman Nulhakim universitas sultan ageng tirtayasa
  • Vica Dian Aprelia Resti universitas sultan ageng tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18317

Abstract

The purpose of this study is to describe the availability of the Science Process Skills (SPS) component in a seventh grade science textbook for junior high school students with a global warming topic. The aspects of SPS analyzed are observing, classifying, interpreting, asking questions, using tools and materials, applying concepts and communicating.  This is a descriptive study that makes use of the documentation analysis method  to describe the emergence of SPS indicators for each sub-material which is summarized in the theme of global warming in science textbooks.  The objects of this research are science textbooks published by the Ministry of Education and Culture and science textbooks published by Erlangga.  In this study, documentation approaches were used to obtain data.  The instrument used in this study was asheet instrument checklist.  Descriptive statistics are used to analyze research data by computing the number of components of the analysis according to the SPS aspect. The findings of the study of the formation of the SPS component in science textbooks, the emergence of the SPS aspect that dominates is in Book 1 of the Kemendikbud publisher with a percentage level of 75% in the Appropriate category.  Meanwhile, Book 2 was published by Erlangga, with a percentage rate of 54% appearing in the SPS aspect with a fairly appropriate category.  Based on this, Book 1 publisher of the Ministry of Education and Culture is more supportive in developing students' Science Process Skills (SPS).

Keywords: Science Process Skills (SPS), Class VII Junior High School Science Textbook, Global Warming

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan gambaran ketersediaan aspek Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam buku teks pelajaran IPA SMP kelas VII tema pemanasan global.  Aspek KPS yang dianalisis adalah aspek mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, mengajukan pertanyaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep dan berkomunikasi.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis dokumentasi untuk menggambarkan kemunculan indikator KPS setiap sub materi yang terangkum dalam tema pemanasan global dalam buku teks IPA.  Objek penelitian ini adalah buku teks IPA terbitan Kemendikbud dan buku teks IPA terbitan Erlangga.  Dalam penelitian ini, pendekatan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar checklist. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung jumlah komponen analisis sesuai dengan aspek KPS.  Hasil analisis kemunculan aspek KPS pada buku teks IPA yang dianalisis, kemunculan aspek KPS yang mendominasi yaitu pada Buku 1 penerbit Kemendikbud dengan tingkat persentase sebesar 75% dengan kategori Sesuai.  Sedangkan Buku 2 penerbit Erlangga dengan tingkat persentase kemunculan aspek KPS sebesar 54% dengan kategori cukup sesuai.  Berdasarkan hal tersebut, Buku 1 penerbit Kemendikbud lebih menunjang dalam mengembangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa.

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Buku teks IPA SMP kelas VII, Pemanasan Global

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A. , & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Logika, XVIII(3), 1–18. http://jurnal. unswagati. ac. id/index. php/logika/article/viewFile/215/138

Abruscato, J & DeRosa, D. A. (2010) Teaching children science-a discovery approach-7ed. Boston: Allyn & Bacon.

Antrakusuma, B. , Masykuri, M. , & Ulfa, M. (2017). Analysis Science Process Skills Content in Chemistry Textbooks Grade XI at Solubility and Solubility. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 72. https://doi. org/10. 20961/ijsascs. v2i1. 16682

Nugroho, E. D. , Vlorensius, V. , Rasidah H. , L. , & Anisa, N. (2017). The Content Analysis, Material Presentation, and Readability of Curriculum 2013 Science Textbook for 1st Semester of Junior High School 7th Grade. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 114. https://doi. org/10. 22219/jpbi. v3i2. 3904

OECD. (2015). PISA 2015 result in focus. Retrieved from https://www. oecd. org.

Pahrudin, A dan Pratiwi, D. D. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Pada MAN di Provinsi Lampung. Lampung: Pustaka Ali Imron

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Dengan Oleh Satuan Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS

Pohan, L. A. (2014). Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 2(1), 167–172.

Ramadhani, P. R. , Akmam, Desnita, & Darvina, Y. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Pillar Physics Education, 12(4), 649–656.

Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar Statistika untuk penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rusmiyati, A. , & Yulianto, A. (2009). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 75–78. https://doi. org/10. 15294/jpfi. v5i2. 1013

Senem, B. Y. (2013). Content Analysis of 9th Grade Physics Curriculum, Textbook, Lessons with Respect to Science Process Skills. PhD Thesis, September.

Shofia, N. , Putra, N. M. D. , & Wahyuni, S. (2019). Analisis Konten Buku Teks Fisika SMA/MA Kurikulum 2013 pada Pokok Bahasan Alat Optik. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 179–191. http://journal. unnes. ac. id/sju/index. php/upej%0AAnalisis

Susiwi, Hinduan, A. A. , Liliasari, & Ahmad, S. (2015). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H. †Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(2), 87. https://doi. org/10. 18269/jpmipa. v14i2. 320

Tursinawati. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84.

Yuanita. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Ipa Materi Bagian-Bagian Bunga Dan Biji pada Mahasiswa PGSD Stkip Muhammadiyah Bangka Belitung. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 27–35.

Zeitoun, S. , & Hajo, Z. (2015). Investigating the Science Process Skills in Cycle 3 National Science Textbooks in Lebanon. American Journal of Educational Research, 3(3), 268–275. https://doi. org/10. 12691/education-3-3-3

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Solpa, N. M., Nulhakim, L. ., & Resti, V. D. A. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Teks IPA SMP Kelas VII Tema Pemanasan Global: (Analysis Of Science Process Skills (SPS) In Science Textbook Grade7th Junior High School On The Theme Global Warming) . BIODIK, 8(3), 9 - 18. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18317