Penyusunan Buku Digital Burung Terancam sebagai Sumber Belajar Biologi SMA

(Preparation of the Digital Book of Threatened Birds as a High School Biology Learning Resource)

Authors

  • Elania Zoela Saputri Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Destri Ratna Ma’rifah Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Arief Abdillah Nurusman Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Nugroho Adhiasto Yayasan Science for Endangered and Trafficked Species (SCENTS)
  • Novi Febrianti Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18166

Abstract

This study aims to determine the quality of digital books of endangered birds according to the IUCN Red List at PASTY as a high school biology learning resource based on assessments by media experts, material experts, and biology teachers. In this study, the digital book compilation model was adapted from the 4D development model (define, design, develop, and disseminate). which is limited to development. The instrument used is a Likert scale assessment questionnaire sheet with scales 1-4. Product validation was carried out by media experts, namely a Biology Education lecturer, Ahmad Dahlan University, an ornithologist from the Science for Endangered and Trafficked Species (SCENTS) Foundation as a material expert , a class X biology teacher at SMA Negeri 1 Seyegan. The results of the product assessment were then analyzed descriptively. The results showed that the digital book compiled had very good quality based on assessments by media experts, material experts, and biology teachers.

Key words: Learning Resources, Digital Books

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku digital burung terancam menurut IUCN Red List di PASTY sebagai sumber belajar biologi SMA berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan guru Biologi. Pada penelitian ini model penyusunan buku digital diadaptasi dari model pengembangan 4D (define, design, develop, dan dissemination) yang dibatasi sampai dengan tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian skala Likert dengan skala 1-4. Validasi produk dilakukan oleh ahli media yaitu dosen Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan, ahli burung dari Yayasan Science for Endangered and Trafficked Species (SCENTS) sebagai ahli materi, dan salah satu guru Biologi kelas X di SMA Negeri 1 Seyegan. Hasil dari penilaian produk kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku digital yang disusun memiliki kualitas sangat baik berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan guru Biologi.

Kata kunci: Sumber Belajar, Buku Digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyyah, R. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139. Diperoleh di https://jurnalp4i.com/index.php/academia/article/view/546

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. Diperoleh di http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

IUCN. (2021). The IUCN Red List of Threatened Species. Version 2021-2. Diperoleh di https://www.iucnredlist.org/search?redListCategory=cr diakses 5 Februari 2022

Mangunjaya Fachruddin M, Prabowo Hayu S, Abbas Ahmad Sudirman, Saleh Chairul, Sunarto, Huda Mifat, M. T. M. (2017). Pelestarian Satwa Langka untuk Keseimbangan Ekosistem. Majelis Ulama Indonesia Pusat (MUI) . Diperoleh di https://d2d2tb15kqhejt.cloudfront.net/downloads/buku_pelestarian_satwa_untuk_keseimbangan_ekosistem.pdf

Marenden, V., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu Sdm Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Era New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 66–79., doi: https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3270

Pamungkas, K. T. (2018). Ensiklopedia Burung Taman Hutan Raya Raden Soerjo sebagai Sumber Belajar Mandiri. Universitas ISlam Negeri Sunan Kalijaga Yogygkarta.

Pratiwi, B., Ali, R. N., & Sulistiyowati, E. (2019). Pendidikan Biodiversitas Berbasis Potensi Lokal Pada Tingkat SMA / MA. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS) Ke-IV, 2. Diperoleh di https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11363

Pudjiastuti, S. R., Education, C., Education, C., Sutisna, M., Education, C., Ati, H. M., & Education, C. (2020). The Development of Pocket Book Learning Media Based on Mind Mapping , Dynamic Material Application of Indonesian Democracy in Senior High School), 313–320.

Romana, R. A. (2020). Pengembangan Jobsheet Praktik Batu Beton Sesuai Standar Kerja Nasional Indonesia Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(2), 94–99., doi: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.13126

Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis validitas terhadap pengembangan handout berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581–584. Diperoleh di https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21112

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sulistri, E., Sunarsih, E., & Guna, U. E. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kepedidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajuan Dan Pembelajaran, 6(3), 522–531. Diperoleh di http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index%0ANovember

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139., doi: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Umam, A., Rozadi, N., Wijayanti, L., & Kumara, N. R. (2016). Mobile Pocket Book Disertai Mind Map Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 Materi Suhu Dan Kalor. 2016(2013), 847–852. Diperoleh di http://hdl.handle.net/11617/8022

Wildlife Conservation Society , Yayasan Kanopi Indonesia, B. S. 2017. (2017). Laporan perdagangan burung di tiga pasar burung di yogyakarta dan jawa tengah. Wildlife Conservation Society,Yayasan Kanopi Indonesia Biodiversity Society.

Yusuf, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23., doi: https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Zoela Saputri, E., Ratna Ma’rifah, D., Abdillah Nurusman, A. ., Nugroho Adhiasto, D., & Febrianti, N. (2022). Penyusunan Buku Digital Burung Terancam sebagai Sumber Belajar Biologi SMA: (Preparation of the Digital Book of Threatened Birds as a High School Biology Learning Resource). BIODIK, 8(3), 1 - 8. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18166

Most read articles by the same author(s)