Analisis Kemampuan Representasi Visual Melalui Model Pembelajaran TPS

(Analysis Visual Representation Ability Through TPS Learning Model)

Authors

  • Nur Hidayah Nur Hidayah UIN Raden Intan Lampung
  • Sinta Yulianti UIN Raden Intan Lampung
  • Laila Puspita UIN Raden Intan Lampung
  • Nukhbatul Bidayati Haka UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.17817

Abstract

The aims of this study is to determine the analysis of the TPS learning model on the visual representation ability of biology students. This research used a Quasi Experiment method. The experimental class of this research that was given treatment used the TPS learning model and the control class of this research used the Discovery Learning learning model. In this research, the sampling technique was randomized class, the samples were used in class XI IPA 1 and XI IPA 2. The data collection techniques were used tests and observation sheet visual representation ability . The instruments used visual representation ability essay questions. The results in this research can be found in hypothesis testing by using test ANOVA, The results obtained with Facount= 27,046 dan Fatable= 4,001, the result is Facount>Fatable, it can be concluded that there is an influence in analyzing the TPS to visual representation ability.

Key words: TPS, Visual Representation Ability, Biology Students

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis model pembelajaran TPS terhadap kemampuan representasi visual peserta didik biologi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Pada kelas eksperimen di penelitian ini  diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas kontrolnya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel dengan cara acak kelas, sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal uraian  kemampuan representasi visual, lembar observasi kemampuan representasi visual. Hasil pada penelitian ini diperoleh berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji ANOVA, diperoleh Fahitung= 27,046 dan Fatabel 4,001, terlihat bahwa Fa hitung>Fatabel, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan representasi visual.

Kata kunci: TPS, Kemampuan Representasi Visual, Peserta Didik Biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Liliasari, A. Rusli, & Waldrip, Bruce. (2011). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan. (Online),Tahun XXX, No. 1.

Afrikani, T, Rostikawati, R.Teti., & Fatimah, S. (2018). Penggunaan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III.

Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan un¬tuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen,

Re¬visi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arnidha, Yunni. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal e-DuMath, 2 (1),128-137.

Ibrahim, M. d. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Ibrahim. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, A. Rachman. (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Mata Kuliah Kimia Dasar 1. Forum MIPA, 13 (2):77-81.

Indriasih, Aini. 2014. Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair and Share sebagai Inovasi Pengajaran IPS di SD. Universitas Terbuka UPBJJ-UT Semarang, 40(1): 72-85.

Jannah, Rikhinati, A. N. C. Saputro, & S. Yamtinah. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Disertai Buku Saku untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4):19-23.

Jones, B.F. dan Knuth, R.A (1991). What does Research Say about Mathematics? [online]. http//www.ncrl.org/sd.s/stewesys/2math.html.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning :"Mempraktekkan Cooperative Learning di Dalam Ruang-Ruang Kelas". Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ni’mah, A. & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nadhlatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3 (2).

Nugraha, D. A., E. Susanti VH, & M. Masykuri. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMA 2 N Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4):174-181.

R. Cahyani, N. Y. Rustaman, M. Arifin, Y. Hendriani. (2014). Kemampuan Kognisi, Kerja Ilmiah Dan Sikap Mahasiswa Non Ipa Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1) ,1-4.

Rustaman, Y. (2005). Kemampuan Dasar Bekerja Il¬miah dalam Pendidikan Sains dan Assesmen¬nya. Proceeding of The First International Semi¬nar on Science Educational.

S. Rufaida & E.H. Sujiono . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (2), 161-168.

Sabil, Husni. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica, 4(1):23-29.

Schnotz, W., & Lowe, R. (2003). External and Internal Representations in Multimedia Learning. Learning and Instruction, 13 : 117– 123.

Suprijono, Agus.(2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyuni, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Metode Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. Tesis PPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Wahyuni & R. Hasanah. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Dengan strategi TPS (Think Pair Share) dalam Model Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Panas Di Kelas VII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3):89-94.

Wati, N. K. & Iriani, R. Pengaruh Model Pembelajaran Simayang Tipe II Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Representasi Visual Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7 (2) :121-126.

Winayah, I. R., Sudarti, & Nuriman. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII B SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(4).

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Nur Hidayah, N. H., Yulianti, S. ., Puspita, L. ., & Haka, N. B. . (2022). Analisis Kemampuan Representasi Visual Melalui Model Pembelajaran TPS: (Analysis Visual Representation Ability Through TPS Learning Model). BIODIK, 8(3), 173 - 181. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.17817