Strategi Partisipatif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Biologi
(Participatory Strategies to Increase Student Involvement in Biology Learning)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.15746Abstract
Student involvement is essential to do in learning because it can affect student achievement. Student involvement can determine they to get meaningful learning. However, in reality, there is still a lack of student involvement in learning. This was observed from the lack of student involvement in expressing opinions during the learning process. Educators need to increase student involvement as subjects in learning. The application of participatory strategies can be a solution to increase student involvement in learning. The purpose of writing this journal is to find out the role of participatory strategies to increase student involvement in Biology learning. The method used is a literature review and qualitative descriptive. Each student is an image and likeness of God who has various characters. Although they have various characters that affect students in learning, they are all valuable in the eyes of the Lord God. In understanding students' abilities, Christian anthropology studies are needed which study character, goodness, and the human person. The application of participatory strategies can increase the involvement of students in learning. The results of the application of the participatory strategy showed that the students were able to achieve the three observed indicators of involvement. The participatory strategy is implemented according to the implementation steps through two methods, namely, discussion and think, pair, and share.
Abstrak. Keterlibatan siswa merupakan hal yang esensial untuk dilakukan pada pembelajaran karena mampu memengaruhi prestasi belajar siswa. Keterlibatan siswa juga dapat menentukan dalam memperoleh pembelajaran yang bermakna. Namun pada kenyataannya, masih terdapat kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut teramati dari kurangnya keterlibatan siswa dalam menyampaikan pendapat selama pembelajaran berlangsung. Pendidik perlu meningkatkan keterlibatan siswa sebagai subjek belajar dalam pembelajaran. Penerapan strategi partisipatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui peranan strategi partisipatif dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dilengkapi dengan kajian literatur. Setiap siswa merupakan gambar dan rupa Allah yang memiliki beragam karakter. Karakter yang beragam sehingga memengaruhi siswa dalam pembelajaran, mereka semua berharga di mata Allah. Dalam memahami karakter siswa, diperlukan studi antropologi yang mempelajari tentang karakter, kebaikan, dan pribadi manusia. Penerapan strategi partisipatif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Biologi. Hasil penerapan strategi partisipatif menunjukkan bahwa para siswa dapat mencapai ketiga indikator keterlibatan yang diamati. Strategi partisipatif diimplementasikan sesuai dengan langkah-langkah penerapannya dengan menggunakan dua metode yaitu, metode diskusi dan think, pair, and share.
Downloads
References
Abdurrahman, A. (2020). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar. Jurnal Realita, 5(1), 937–949. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2898/1991#
Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37
Alditia, A. Y. T., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Pengaruhi Model Visual, Auditory, dan Kinesthetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 351–360. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3041
Amin, D. N. F. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.21009/JPS.052.01
Andrianti, S. (2014). Pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dalam pendidikan agama Kristen sebagai implementasi kurikulum 2013. Antusias, III(5), 4-5. Retrieved Agustus 28, 2023, from https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/14
As’ari, D. R. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, 113–120. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/12/10
Azizah, D. (2013). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (TPS) pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta, 1(2), 188–199. https://doi.org/10.31941/delta.v1i2.488
Basuki, I. I., Budhianto, C., & Sugiyarto, I. (2020). Perspektif Gereja Masehi Injil di Timor (GMIT) Imanuel Matepu terhadap Tradisi Puru Hogo. Caraka, 1(2), 104–117. https://doi.org/10.46348/car.v1i2.29
Boiliu, F. M., & Sinaga, S. (2021). Pembelajaran pendidikan agama Kristen berbasis student centered learning di sekolah. Journal Education and Development, IX(2), 120-121. doi:10.37081/ed.v9i2.2490
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, XII(2), 106–124.
Cahya, S. B. (2015). Pengaruh Disiplin dan Partisipasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Siswa SMK di Kecamatan Dawarblandong dengan Percaya Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p48-60
Calvin, Y. (2000). Institutio: Pengajaran Agama Kristen. Gunung Mulia.
Chozaipah, C. (2018). Peran dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di SMKN 1 Dumai Provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1), 60–65.
Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen. Diligentia, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212
Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota. Aksara, 6(2), 111–120. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020
Elvira, Y., & Zafri, Z. (2021). Persepsi Guru terhadap Partisipasi Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Kronologi, 3(3), 320–331. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/225/168
Esi, E., Purwaningsih, E., & Okianna, O. (2016). Peranan Guru sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–14.
Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Al-Ta’lim Journal, 20(1), 278–284. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24
Fatmawati, S., Pujiastuti, W., & Mahpudz, A. (2018). Peran Guru PKn dalam Mengembangkan Partisipasi Siswa di SMP Negeri 14 Palu. Edu Civic Media Publikasi Prodi PPKN, 6(2), 82–94. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EduCivic/article/view/11217/8664
Fikrie, F., & Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 103–110.
Galugu, N. S., & Baharuddin, B. (2017). Hubungan Antata Dukungan Sosial, Motivasi Berprestasi dan Keterlibatan Siswa di Sekolah. Journal of Islamic Education Management, 3(2), 53–64.
Habermas, R. T. (2009). Introduction to Christian Education and Formation. Zondervan.
Hamid, M. S. A., Asyfiyak, K., & Sulistiono, M. (2021). Upaya Kepala Sekolah dan Pengajar Meningkatkan Partipasi Siswa pada Aspek Religi dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi di Ma Bilingual Batu. Vicratna, 6(6), 169–182. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11757/9074
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Materi Gaya dan Pemanfatannya. Metode Didaktik, 13(1), 15–25. https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hidayat, D. (2016). Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Meningkatkan Pendidikan Nonformal di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5309
Hidayati, A., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Strategi Pembelajaran Partisipatif Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Program Paket B di PKBM Tanjung Sari. Spektrum, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9014
Ibrahim, M. I., Awi, A., & Dinar, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.35580/imed9248
Idzhar, A. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956
Indaryani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan Whatsapp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika. Quantum, 25–31. https://doi.org/http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/229/185#
Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Drill dan Diskusi kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Karnawati, K., & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal, 3(1), 82–89.
Kenanga, F. (2014). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 132–139. https://doi.org/10.21009/JIV.0902.7
Kisworo, B., Ilyas, I., & Kriswanto, H. D. (2016). Model Pembelajaran Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi. Journal of Nonformal Education, 2(1), 99–106. https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5317
Maharani, A. A., & Widhiasih, L. K. S. (2016). No Title. Jurnal Bakti Saraswati, 5(2), 88–92. https://web.archive.org/web/20180411224236id_/http://ojs.unmas.ac.id/index.php/Bakti/article/viewFile/602/556
Masjudin, M. (2016). Pembelajaran Kooperatif Investigatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. JEMS, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.687
Masrukin, A., & Arba’i, A. (2018). Metode Diskusi dan Tanya Jawab dalam Pembelajaran Ski untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII - H MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Intelektual, 8(3), 451–466. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.743
Maswandi, F. (2010). Pengaruh Pembelajaran Partisipatif terhadap Hasil Belajar Biologi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1072
Mawati, T. A., Siregar, R. S., Fauzi, A., Purba, Friska Juliana Sinaga, K., Ili, L., Juliana, J., Purba, S. R. F., Saputro, A. N. C., Bermuli, J. E., & S., H. C. (2021). Strategi Pembelajaran. In Strategi Pembelajaran Partisipatif (pp. 135–153). Yayasan Kita Menulis.
Mbeo, D., & Kuanine, M. H. (2020). Pengaruh Spiritualitas terhadap Perilaku Belajar Siswa. Sesawi, 1(2), 91–103. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v1i2.13
Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Komunikasi Antar Budaya dalam Perspektif Antropologi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.10064
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ, 3(2), 18–25. https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3593
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00
Novera, D. T., Maestro, E., & Sudarman, Y. (2018). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Berdasarkan Hasil Penilaian unjuk Kerja terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Praktek Instrumen Keyboard di Kelas X-2 SMK Negeri 7 Padang. E-Jurnal Sendratasik, 6(2), 39–46. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/102758/101138
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nurhayati, N. (2017). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A dalam Pembelajaran PAI dengan Strategi True or False di SD Negeri 21 Batang Anai. JPPI, 3(2), 30–43. https://doi.org/10.29210/02017115
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.764
Paus, J. R. (2017). Pelatihan Teori Belajar Orang Dewasa bagi Pendidik Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) di Kota Manado. Jurnal ABDIMAS, 10(1), 83–96.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, VI(2), 8840. Retrieved Agustus 28, 2023, from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3467644
Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Irfani, 11(1), 59–88. https://media.neliti.com/media/publications/29312-ID-pengembangan-model-pembelajaran-partisipatif-andragogis-untuk-meningkatkan-hasil.pdf
Pradhata, D. R., & Muhid, A. (2021). Mastery Goal Orientation, Social Support danStudent Engagement Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 18–24. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.488
Prasetya, P., & Sukma, S. (2014). Memfasilitasi pembelajaran berpusat pada siswa. Garuda, XII(1), 2-3. Retrieved Agustus 28, 2023, from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/180430
Priyatna, N. (2017). Peran Guru Kristen sebagai Agen Restorasi dan Rekonsiliasi dalam Mengembangkan Karakter Kristus pada Diri Remaja sebagai Bagian dari Proses Pengudusan. POLOYGLOT, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.19166/pji.v13i1.333
Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, VI(1), 130–141.
Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Keterlibatan Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Axiom, 10(1), 68–84. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825
Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabighoh, 20(1), 19–44. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124
Ridlo, S., & Alimah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Biosaintifika, 5(2), 121–129.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Sakdiyah, S. H., & Sari, Y. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Se-gugus Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2004–2009.
Sayondari, P. N., Antari, N. N. M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3880
Setiawan, W. E., Harinie, L. T., Uhing, S., & Rahmat, A. (2021). PKM Pendampingan Pelatihan Pengolahan Wadi Pindang pada Ibu-ibu Rumah Tangga di Jalan Hiu Putih Kota Palang Karaya. Aksara, 7(1), 123–136. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.123-136.2021
Siregar, J. M. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Makna Kedaulatan Rakyat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Civitas, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1499
Sitomorang, P. C., & Hasanah, U. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Organisasi Kehidupan. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 114–121. https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4052
Sugiarti, L. S., & Suroso, S. (2018). Partisipasi Siswa dalam Program Sekolah Adiwiyata SMA N 11 Semarang. Edu Geography, 6(2), 100–103.
Sujarwo, S. (2012). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Androgogi).
Sulistriani, S., Santoso, J., & Octaviani, S. (2021). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School, 1(2), 57–68. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JGP/article/view/1517/859
Supriadi, M. N. (2020). Kristus, Manusia & Alam Semesta. Permata Rafflesia.
Suryadi, S., Erlamsyah, E., & Yusri, Y. (2016). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas-tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 14–18. https://doi.org/10.29210/12016260
Susanah, R., & Alarifin, D. H. (2014). Penerapan Permainan Penyegar (Ice Breaking) dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. JPF, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.104
Syam, A., Ruslan, R., & Ihsan, H. (2015). Pengaruh Persepsi tentang Kualitas Pelayanan Sekolah, Partisipasi dalam Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 290–298. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1696
Syamsuri, S., & Pradika, L. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Serang. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(1), 47–59. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru, 1(1), 30–42.
Tarwana, W., Alghandari, F., & Marlina, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–7. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/177
Taufik, R., Hustim, R., & Nurlina, N. (2014). Penerapan Pembelajaran Partisipatif Metode True-False dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 17 Bulukumba. JPF, 2(3), 245–260. https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.240
Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati, P. O. (2017). Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. UNDIKSHA, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12813
Veva, E. Y., Usodo, B., & Pramesti, G. (2018). Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 3 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. JPPM, 2(2), 98–103. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11687/8422
Walidah, N. Z. (2019). Penggunaan Argumentasi Kolektif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Kelas Matematika.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Penerbit Gawe Buku.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips disertai Media Fotonovela untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa. Premiere Educandum, 8(1), 22–30. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2033
YaoTung, K. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen. Penerbit ANDI.
Yuliana, R., Cahyani, I., & Sastromiharjo, A. (2015). Penerapan Strategi Partisipatif melalui Media Gambar Denah dan Kartu Pancing Foto dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar (Pra-eksperimen pada Kelas IV SDN Layungsari 1 Kota Bogor). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.699
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Belajar (Student Engagement) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1555–1563. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Kezia Gaghunting, Jessica Elfani Bermuli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).