Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Menerapkan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning Melalui Bimbingan Kelompok Pada MGMP Sekolah di SMP Negeri 24 Kota Jambi

Authors

  • Efiryati Efiryati SMP Negeri 24 Kota Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan guru dalam menerapkan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) melalui Bimbingan Kelompok Pada MGMP Sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada bulanJanuari sampai dengan April 2020  pada semester2. Subjek penelitian yaitu guru SMP Negeri 24 Kota Jambi Tahun Pelajaran  2020/2021. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Sekolah /PTS (School  action research), yang dilakukan oleh Kepala sekolah sebagai peneliti, bekerjasama dan berkolaborasi dengan guru yang terlibat. Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui MGMP di sekolah, agar mampu menyusun skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar secara efektif dengan menerapkan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah menggunakan model penelitian  tindakan sekolah yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart (2000), di mana pada prinsipnya ada empat tahap kegiatan yaitu, perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi dan evaluasi proses tindakan (observation and evaluation) dan melakukan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan Keterampilan guru dalam menerapkan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) melalui Bimbingan Kelompok Pada MGMP Sekolah berhasil dengan  rincian perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menerapkan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 75,74 di siklus I menjadi 83,98 di siklus II ada peningkatan 8,24. kegiatan  penyusunan skenario  pembelajaran nilai rata-rata 75,74 di siklus I menjadi 83,14 di siklus II ada peningkatan 7,4 , kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 76,74 di sklus I menjadi 85,44 di siklus II, ada peningkatan 8,7.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-30