Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Lailatuz Zahroh Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Marlina Susanti Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Tri Utami Widayati Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Heni Yulita Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Ariyani Ariyani Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v9i2.38108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis masalah atau Problem-Based Learning (PBL) dalam pendidikan dasar di Indonesia. Metode yang dipakai dalam karya tulis ini yaitu studi pustaka (library research) yakni sebuah metode yang umum digunakan untuk memberikan sebuah pengumpulan data dengan cara memberikan pemahaman dan mempelajari teori-teori dari beberapa jurnal atau karya ilmiah seseorang yang memiliki keterhubungan dengan penelitian yang dipakai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis yang mana nantinya akan dipakai dalam menggumpulkan data dan sumber yang berhubungan dalam penelitian ini. Adapun jumlah artikel yang direview dalam penelitian ini sebanyak delapan artikel ilmiah. Jenis data yang digunakan kualitatif peneliti memilih kualitatif di karenakan metode. Studi literatur menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan hasil belajar, terutama dalam keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan literasi sains siswa. Di beberapa sekolah dasar, penerapan PBL terbukti meningkatkan rata-rata nilai ketuntasan akademik, motivasi, serta keterampilan non-kognitif siswa seperti kerjasama dan komunikasi. Namun, penerapan model ini menghadapi tantangan, seperti kebutuhan waktu dan sumber daya yang lebih besar, serta perbedaan kemampuan siswa. Efektivitas PBL bergantung pada peran guru sebagai fasilitator yang mampu mengelola proses belajar aktif. Secara keseluruhan, PBL adalah pendekatan yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia, membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif yang dibutuhkan di era globalisasi.

 Kata Kunci: Efektivitas, Problem-Based Learning, Pendidikan Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-28