This is an outdated version published on 2017-04-11. Read the most recent version.

STUDI KASUS PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA DI KELAS V SD NEGERI 15/IV JELUTUNG KOTA JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v2i1.3573

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengkaji tentang rencana pembelajaran apresiasi prosa, pelaksanaan pembelajaran apresiasi prosa,  hambatan-hambatan proses pembelajaran apresiasi prosa, dan upaya guru untuk mengatasi masalah pembelajaran apresiasi prosa di kelas V SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi.Objek penelitian adalah SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi,Guru kelas V SD, siswa kelas V SD, dan kepala  SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi. Metode penelitan ini adalah studi kasus. Data penelitian ini adalah pembelajaran apresiasi prosa. Sumber data  meliputi  informan, arsip/ dokumen,  tempat, dan peristiwa. Hasil temuan dalam penelitian adalahKurikulum yang digunakan di SDNegeri  15/IV Jelutung adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) Apresiasi Prosa di kelas V SDNegeri  15/IV Jelutung, dirancang oleh guru dari jabaran kurikulum ke silabus dan dari silabus dijabarkan menjadi Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP).  Pelaksanaan pembelajaran Apresiasi Prosa yang meliputi pemilihan materi dan metode, penggunaan media pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi di SD Negeri  15/IV Jelutung sudah mengarah kepada pembelajaran yang apresiatif. Sebab, dalam penilaian pembelajaran Apresiasi Prosa, guru telah memberi kesempatan pada siswa untuk mengekspresikan apayang telah dipelajarinya. Hambatan - hambatan dalam pembelajaran prosa di SD Negeri 15/IV Jelutung  adalah kurangnya waktu yang tersedia, karena dalam pembelajaran Apresiasi Prosa membutuhkan waktu untuk mengenal, memahami, menghayati, menikmati, dan menghargai, dan akhirnya siswa dapat membuat prosa sendiri. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru (LP) untuk mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran prosa tersebut dengan memberikan motivasi kepada siswa.  Mengarahkan agar membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan apresiasi prosa, yaitu buku cerita rakyat dan majalah di luar buku paket dan pendamping.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Apresiasi Prosa, Sekolah Dasar

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-11

Versions