MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN No 140/VI RANTAU PANJANG KEC Ma. SIAU

  • Fachruddiansyah Muslim

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran pokok yang harus di ikuti oleh seluruh siswa SDN No 140/VI Rantau Panjang dan seluruh siswa di Indonesia, sebagai mata pelajaran pokok yang dapat membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin maka mata pelajaran IPS menjadi sangat penting. Pada siswa SD sering salah persepsi terhadap tujuan pada mata pelajaran ini khususnya dikalangan siswa SD Negeri 140/VI Rantau Panjang itu sendiri, siswa kadang menganggap mata pelajaran IPS sangat sulit, sehingga mata pelajaran IPS kurang menyenangkan bagi mereka hal terseebut berimplikasi terhadap hasil pelajaran mereka.Berdasarkan hasil diskusi bersama teman sejawat di SD Negeri 140/VI Rantau Panjang, didapatkan informasi bahwa masih rendahnya kemampuan belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran IPS. Hal ini, juga akan berimbas kepada hasil belajar yang masih di bawah KKM. Data yang ambil merupakan data aktivitas siswa selama proses pelaksaan penelitian dan data hasil belajar siswa pada saat tes evaluasi kemampuan siswa, dimana prosedur dalam penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi evaluasi dan refleksi.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 140/VI Rantau Panjang pada mata pelajaran IPS sehingga memperoleh nilai diatas KKM. Dari hasil pengamatan dan penelitan yang dilakukan pada akhir siklus I, siswa yang tuntas belajar sebesar 48,15%, Pada Siklus II mengalami peningkatan 67,1% dan Siklus III mengalami peningkatan 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi Pecahan dapat ditingkatkan.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperative, Stad

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-11