PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA DI KELAS VI A SDN 61/X TALANG BABAT

Authors

  • AGUSERI EFFENDI

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v2i1.3569

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi soal cerita kelas VI semester I tahun pelajaran 2015/2016. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas VI.A SDN 61/X Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Propinsi Jambi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Tahap awal pada siklus I dibuat perencanaan untuk membuat RPP, langkah kedua melaksanakan RPP, observer mencatat jalannya pelaksanaan siklus I dilembar observasi, hasil observasi direfleksi dan dituangkan dalam lembar refleksi. Hasil refleksi perlu perbaikan pada: kegiatan guru dalam menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran NHT pada siswa, pengelolaan diskusi, dan pemberian penghargaan kepada siswa. Pada akhir siklus I dilakukan evaluasi dengan hasil yang cukup memuaskan.  Hasil evaluasi dikonversikan dengan tabel  hasil tes belajar siklus I. hasil konversi menyatakan bahwa penelitian belum mencapai target, perlu dilanjutkan dengan siklus II. Hasil refleksi dituangkan dalam perencanaan untuk siklus II melahirkan RPP siklus II, pelaksanaan siklus II, diobsevasi oleh observer, observer mencatat kegiatan siklus II dilembar observasi. Hasil observasi direfleksi dan dituangkan dalam lembar refleksi. hasil refleksi perlu perbaikan hanya pada kegiatan pengelolaan diskusi. Hasil evaluasi siklus II dikonversikan dengan tabel hasil tes belajar siklus  II. hasil konversi menyatakan bahwa penelitian juga belum mencapai  target, sehingga harus dilanjutkan dengan siklus III. RPP siklus III, juga disusun berdasarkan hasil refleksi siklus sebelumnya yaitu siklus II.Hasil observasi pada tahap pelaksanaan siklus III menunjukkan bahwa semua bagian dalam kegiatan pembelajaran sudah berlangsung dengan baik, sehingga tidak ada lagi bagian kegiatan pembelajaran yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil evaluasi siklus III yang dikonversikan dengan tabel hasil tes belajar menyatakan bahwa penelitian telah mencapai batas target kriteria ketuntasan belajar yakni sebesar 87,88%. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 59,38 pada kondisi awal sebelum perbaikan menjadi 66,41 pada siklus I, dari 66,41 menjadi 71,88 pada siklus II. Dari 71,88 pada siklus II, menjadi 78,91 pada siklus III.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-11 — Updated on 2017-04-11

Versions