PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Boy Indrayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari cepat menggunakan SAVI pada siswakelas V SDN 69/IV Kec. Telanaipura Kota Jambi. Yang menjadi sampel ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 25siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan SAVI terhadap hasil belajarlari cepatpada pembelajaran atletik. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lari cepat. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 10 orang siswa (40) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 69.66 Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%.(2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 23 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (92) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (8) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 78.76 Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 9.1 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 32%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan SAVI dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil lari cepat pada siswa kelas V SDN 69/IV Kec Telanaipura Kota Jambi Tahun Ajar 2016/2017.

 

Kata Kunci : Lari Cepat, SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-11