Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 76/IX Mendalo Darat
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v9i1.33751Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengimplementasian pendidikan karakter melalui PJOK di SD Negeri 76/IX Mendalo Darat, dengan fokus pada aspek integritas, disiplin, kerja sama, dan bagaimana masing-masing diterapkan dalam praktik pembelajaran PJOK. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan solusi kepada pihak sekolah agar pendidikan karakter dapat berjalan dengan lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 76/IX Mendalo Darat yang beralamat di Jl. Jambi-Muaro Bulian, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kab. Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan pihak pendidik dan angket yang dibagikan kepada siswa-siswi, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SD Negeri 76/IX Mendalo Darat telah berjalan dengan sangat baik, dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan 84,4% dari jumlah responden sebanyak 45 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter telah dilaksanakan dengan baik, namun perlu ditingkatkan lebih lanjut baik dari sisi guru maupun siswa agar pengimplementasiannya mencapai hasil yang maksimal.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Implementasi