PENGGUNAAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI BEBAS DI KELAS VC SD NASIONAL SARIPUTRA JAMBI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Toni Sepriyadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v1i1.3078

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kondisi nyata di lapangan, melalui wawancara awal dengan siswa yang membuktikan bahwa kemampuan atau keterampilan menulis belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Berdasarkan wawancara awal dengan guru kelas V SD Nasional Sariputra Jambi Timur bulan Agustus 2015, guru mengeluhkan metode dan model yang tepat untuk untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis. Salah satunya guru belum mengetahui penggunaan model Explicit Instruction (Trianto, 2011), meliputi langkah-langkah pembelajaran bahkan tindakan saat menggunakan model Explicit Instruction (Trianto, 2011). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan model Explicit Instruction oleh guru, agar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VC SD Nasional Sariputra Jambi Timur. (2) untuk menjelaskan penggunaan model Explicit Instruction mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas VC SD Nasional Sariputra Jambi Timur dalam menulis puisi bebas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang berisi tindakan-tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas suatu sistem dan praktik-praktik yang ada dalam sistem tersebut. Tujuan artikel ini untuk memaparkan konsep model Explicit Instruction dalam materi menulis puisi bebas. Sintaks model Explicit Instruction sendiri terdairi dari 5 fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, (3) membimbing pelatihan, (4) mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, (5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.

 

Kata Kunci: Model Explicit Instruction, kemampuan menulis, puisi bebas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads