MENGEMBANGKAN KECERDASAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL-JAMIAH DHARMA WANITA IAIN STS JAMBI

Authors

  • Muhammad Taridi IAIN STS Jambi
  • Risnita Risnita IAIN STS JAMBI
  • Hayati Hayati

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v1i1.3075

Abstract

Penelitian ini membahasa: Penerapan Penggunaan Metode Bercerita yang memberi kontribusi dalam mengembangkan kecerdasan anak usia dini, melihat kendala-kendala yang dialami guru, mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala dalam penerapan metode bercerita bergambar.Tujuan dari penelitian adalah: memformulasikan penerapan metode bercerita bergambar dalam meningkatkan pengembangan kecerdasan bahasa anak usia dini di TK al-Jamiah IAIN STS jambi dengan mengetahui; penerapan metode bercerita bergambar dalam meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini, mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala dalam penerapan metode bercerita bergambar. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi pembimbingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar  penerapan bercerita bergambar dalam metoda BCCT di TK al-Jamiah IAIN STS Jambi telah diupayakan, pelaksanaan masih belum sesuai, pendidik masih menggunakan pendekatan klasikal, pendidik mengetahui bercerita bergambar dari membaca buku dan menerima materi saat pelatihan secara teori, namun pendidik belum melihat secara nyata praktek pelaksanaan sesungguhnya di lapangan, pendidik belum memiliki persepsi dan pemahaman yang sama mengenai metode BCCT, di TK menerapkan sudut dan area, hal ini dipengaruhi oleh latar belakang, pengalaman kerja yang selama ini dilakukan di TK, sentra sudah lama dilakukan di kelompok bermain, para pendidik menyatakan bahwa penerapan metode bercerita bergambar hanya dilakukan sebatas pengetahuan secara sepintas dan kurang mendalam, sentra bercerita bergambar kurang mendapat prioritas penerapannya dengan alas an kekurangan tenaga pendidik. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada TK al-Jamiah IAIN STS Jambi untuk 1) Meningkatkan potensi guru dalam mengembangkan pembelajaran melalui bercerita bergambar, 2) Meningkatkan peran guru dalam kegiatan bercerita serta melibatkan orang tua, 3) Mengadakan sosialisasi pembelajaran dengan metode sentra.

 

Kata Kunci: Metode Bercerita Bergambar, Anak Usia Dini, Kecerdasan Bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads