IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIKELAS IV SDN 110/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v1i1.3073

Abstract

Kurikulum Nasional yang sangat mengedepankan 4 kompetensi inti yakni spritual,sikap,pengetahuan dan ketrampilan menuntut siswa mesti kreatif,inovatif,mandiri serta punya karakter yang terpuji.pertanyaan timbul dalam benak saya apakah hanya murid yang mesti mempunya 4 kompetensi itu,tentu saja tidak, guru haruslah memiliki kompetensi yang handal agar generasi emas bisa terwujud. Guru sebagai profesi haruslah profesional dalam melaksanakan kinerjanya, Muatan lokal dikembangkan atas prinsip: kesesuaian dengan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik, keutuhan kompetensi dan fleksibilitas jenis dan bentuk sesuai karakteristik satuan pendidikan serta pengaturan waktu penyelenggaraan. Kebermanfaatan untuk kepentingan melestarikan dan mengembangkan potensi kearifan lokal yang menunjang pembangunan daerah dan pembangunan nasional dalam menghadapi tantangan global dan terpadu dengan muatan nasional semua mata pelajaran, lingkungan satuan pendidikan, dan terpadu dengan dunia usaha serta dunia industri dan penggunaan model belajar yang tepat mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran didalam kelas, dan penelitian ini berfokus pada model pembelajaran Quantum learning.

Kata kunci: Kurikulum Nasional, Muatan lokal, Kearifan Lokal, Quantum Learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads