Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Fatma Cahyana Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Sofwan Sofwan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v9i1.29647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV A SD Negeri 131/IV Kota Jambi, dengan fokus pada peran guru sebagai fasilitator dan evaluator. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 131/IV Kota Jambi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Partisipan penelitian adalah guru kelas IV A dan peserta didik kelas IV A. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator meliputi penataan ruang belajar yang nyaman, penyajian materi dan media matematika yang menyenangkan, penyediaan sumber belajar, perencanaan pembelajaran yang baik, penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, bimbingan, pendampingan, dan interaksi yang baik antara guru dan peserta didik. Sebagai evaluator, guru melakukan asesmen diagnostik dan formatif untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Peran guru kelas IV A dalam menumbuhkan minat belajar matematika peserta didik di SD Negeri 131/IV Kota Jambi telah terlaksana dengan baik, yang berdampak positif pada minat belajar matematika mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru sebagai fasilitator dan evaluator sangat penting dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika, dan pelaksanaan peran ini oleh guru kelas IV A telah efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika peserta didik.

Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-18