Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.27379Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan Quasi eksperimental design sebagai jenis penelitian yang digunakan. Serta pretest post test control group design sebagai rancangan Dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu 4 sekolah dasar yaitu SDN 89/VII Pulau Lintang, SDN 21/VII Penarun, SD N 106/VII Tanjung III dan SD N 46/VII Tanjung II. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SD N 89/VII Pulau Lintang. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional