Kesiapan Guru dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Desya Mas Ningrum Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.26150

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar di SDN 205/IV Kota Jambi, dan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 205/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas 1, dan guru kelas 4. Objek penelitian ini adalah kesiapan guru kelas dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru telah mengikuti pelatihan IHT untuk meningkatkan kualitas diri guna merancang perangkat ajar kurikulum merdeka. Guru juga rutin mengikuti KKG, Sealain itu terdapat kendala yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar, antara lain kurangnya referensi, kurangnya kreativitas, serta keterbatasan buku ajar dan koneksi internet, sehingga mereka kesulitan mendapatkan materi ajar yang memadai. Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak sekolah telah menyediakan fasilitas yang memadai guna mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, guru juga aktif mengikuti kegiatan KKG besar dan KKG kecil.

Kata Kunci: : Kesiapan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-01