Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.26149Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dimensi berkebinekaan global, dimensi gotong royong, dimensi mandiri, dimensi bernalar kritis dan dimensi kreatif di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 205/IV Kota Jambi pada semester genapĀ Tahun Ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 1. Uji validitas menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar kurikulum merdeka telah diimplementasikan di SDN 205/IV Kota Jambi. Tahapan implementasi melalui kegiatan proyek telah diimplementasikan sesuai dengan yang tertuang pada kemendikbud 2022, yakni dimulai dari memahami projek penguatan profil pelajar pancasila, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain proyek penguatan profil pelajar pancasila, mengelola asesmen dan melaporkan projek penguatan profil pelajar pancasila, hingga evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar pancasila. Pada tahap pelaksanaan, kepala sekolah juga terlibat secara aktif. Implementasi profil pelajar pancasila juga sudah diimplementasikan dengan baik melalui budaya sekolah, projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakulikuler, ekstrakulikuler, dan keteladanan.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka