Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi

Authors

  • Pijariani Mutiara Putri Universitas Jambi
  • Akhyaruddin Akhyaruddin Universitas Jambi
  • Agus Setyonegoro Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.25498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas F1 yang berjumlah 35 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil data dengan cara uji hipotesis maka menunjukkan nilai sig (2 tailed) = 0,00 < 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika sig (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui, adanya pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Dengan hasil nilai rata- rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan dari 63,4 menjadi 76,3.

Kata Kunci: Audio visual, hasil belajar, menulis teks berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01