Meningkatkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Menggunakan Reward Sticker Bergambar pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hadda Hadda Mahasiswa
  • Atri Widowati Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v9i1.24895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dalam membangun kedisiplinan dan menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap diri sendiri dan lingkungan dengan fokus pada penggunaan reward sebagai metode motivasi. Reward, dalam konteks ini, diartikan sebagai penghargaan atau imbalan yang diberikan kepada siswa untuk mendorong peningkatan prestasi dan kedisiplinan. Pentingnya konsistensi dan objektivitas dalam pemberian reward juga menjadi perhatian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi selama semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dengan skala penilaian (Rating Scale) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Reward Sticker secara signifikan meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa, dengan skor rata-rata kedisiplinan dan tanggung jawab yang meningkat dari pra siklus hingga siklus II. Kesimpulannya, reward efektif dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi..

Kata Kunci: Reward sticker bergambar; Disiplin dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-18