Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Suci Afnitri Wahyuni Universitas Jambi
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi
  • Bunga Ayu Wulandari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.24889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar  pancasila pada kurikulum merdeka, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka di SD Negeri 131/IV Kota Jambi melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pasca pembelajaran. Penilaian dilakukan menggunakan rubrik penilaian secara kualitatif, karena fokus penelitiannya adalah proses bukan hasil akhir proyek. Adapun faktor yang mendukung berjalannya project based learning adalah dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru, orangtua, siswa, dan komite sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang masih kebingungan dalam mengerjakan modul dan masih belajar. Waktu pengerjaan modul dan pelaksanaan proyek berjalan tidak sesuai rencana sehingga kegiatan pembelajaran menjadi tertunda, siswa merasa kesulitan mengerjakan proyek secara individu dan merasa lebih mudah jika dikerjakan secara berkelompok.

 Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01