Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD

Authors

  • Ana Qodriati Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.23874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan  LKPD. Penelitian ini menggunakan Model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 / II Muara Buat semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 23 siswa. Pada pelaksanaan proses pembelajaran sebelum dilakukan tindakan, terdapat permasalahan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak mampu menemukan konsep dari materi yang dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran dimana siswa dapat secara aktif menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara statistik deskriptif. Dari analisis terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 / II Muara Buat semester ganjil tahun tahun pelajaran 2022/2023.

Kata kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01