Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menulis Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.22326Abstract
Menulis merupakan kemampuan yang dimiliki individu dalam menuangkan gagasan/informasi melalui sebuah tulisan. Pada tingkatan awal di sekolah dasar, menulis permulaan adalah suatu keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam menulis permulaan serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa serangkaian kalimat yang mendeskripsikan temuan dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menulis permulaan seperti masih terdapat huruf yang tertinggal saat menulis, tidak terdapat jarak saat menulis serta Peserta didik menulis dengan sangat lambat. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah Guru memahami kondisi setiap peserta didik, Guru memahami karakteristik setiap peserta didik, Guru memberikan motivasi pada peserta didik dan Guru memberikan bimbingan dalam menulis.
Kata Kunci: Kesulitan menulis, Menulis permulaan