Analisis Pengalaman Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Adiwiyata di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19048Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang proses penanaman sikap peduli lingkungan di sekolah, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter siswa peduli lingkungan di sekolah dan mendeskripsikan hasil yang dicapai sekolah setelah dilaksanakan pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif ini bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena dalam melakukan tindakan kepada subjek penelitian yang sangat diutamakan adalah mengungkapkan makna, yakni makna dan proses dalam penanaman sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian pelaksanaan program sekolah adiwiyata oleh kepala SD Pertiwi I Kota Jambi telah melakukan pengelolaan secara baik sesuai kriteria yang berlaku. Faktor pendukung dan penghabat dalam pengelolaan sekolah adiwiyata di SD Pertiwi I Kota Jambi telah menjadikan sekolah adiwiyata banyak keuntungan yang diperoleh sekolah ini anatar lain kondisi kebersamaan dalam suasa yang nyaman dan kondusif
Kata Kunci : Pengalaman, Penerapan Adiwiyata