PENGGUNAAN MEDIA ONLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 (KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK)

Authors

  • Siti Artika Universitas Jambi
  • Urip Sulistyo Universitas Jambi
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.17530

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan dan berfungsi untuk menyampaikan  pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu upaya pengadaan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadikan pembelajaran lebih menarik. Tujuan  dari penelitian ini adalah mendeskripsikan media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 serta mendeskripsikan pemanfaatan media dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan sistematika literature review. Peneliti menggunakan model PRISMA yaitu; Identifikasi, Penyaringan, Kelayakan, dan Inklusi  untuk pengumpulan data. Data dianalisis melalui metode naratif dengan mengelompokkan  hasil yang ditemukan dan yang sejenis. Temuan menunjukkan bahwa ada 8 media yang  digunakan dalam pembelajaran matematika tingkat SD pada masa pandemi covid-19, yaitu; whatsapp, video belajar, Zoom, Google Classroom, Youtube, Google form, android, quizizz, cisco webex, pear deck dan jamboard. Guru menggunakan media; Sebagai  platform berbagi, Sebagai aktivitas pembelajaran yang sinkron, Sebagai aktivitas pembelajaran yang tidak sinkron, Sebagai alat penilaian, dan sebagai platform diskusi.

 Kata Kunci: Media online , Matematika SD, Literatur sistematik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-01