PENGGUNAAN MEDIA ONLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 (KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.17530Abstract
Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan dan berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu upaya pengadaan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadikan pembelajaran lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 serta mendeskripsikan pemanfaatan media dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan sistematika literature review. Peneliti menggunakan model PRISMA yaitu; Identifikasi, Penyaringan, Kelayakan, dan Inklusi untuk pengumpulan data. Data dianalisis melalui metode naratif dengan mengelompokkan hasil yang ditemukan dan yang sejenis. Temuan menunjukkan bahwa ada 8 media yang digunakan dalam pembelajaran matematika tingkat SD pada masa pandemi covid-19, yaitu; whatsapp, video belajar, Zoom, Google Classroom, Youtube, Google form, android, quizizz, cisco webex, pear deck dan jamboard. Guru menggunakan media; Sebagai platform berbagi, Sebagai aktivitas pembelajaran yang sinkron, Sebagai aktivitas pembelajaran yang tidak sinkron, Sebagai alat penilaian, dan sebagai platform diskusi.
 Kata Kunci: Media online , Matematika SD, Literatur sistematik