ANALISIS PENGUASAAN GURU TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DASAR
Analysis of Teacher Mastery of Information and Communication Technology (ICT) in Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v5i1.13703Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru sekolah dasar menguasai teknologi informasi dan komunikasi baik secara individual maupun dalam proses pembelajaran. Dikarenakan guru dituntut untuk mampu menggunakan TIK salah satunya sebagai sumber belajar yang kreatif, inovatif, komunikatif dan terintegrasi dengan TIK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling yakni hanya guru kelas dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 sebanyak 12 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dengan cara wawancara atau interview dan observasi mengenai penguasaan TIK. Hasil dari peneletian bahwa guru SD di Kelurahan Rengas Condong Muara Bulian belum menguasai TIK berdasarkan persentase sekitar 46,76% yang menguasai TIK dan sekitar 53,24% yang tidak menguasai tentang TIK. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penguasaan guru terhadap TIK baik secara internal maupun eksternal seperti faktor usia, minat dan motivasi, sarana dan prasarana TIK, peran pemerintah dalam mengadakan pelatihan atau seminar serta peran sekolah untuk menunjang kegiatan guru dalam pekerjaan dan proses pembelajran dengan menggunakan TIK. Dengan demikain faktor internal dan eksternal tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam penguasaan guru terhadap TIK.
Kata Kunci : Penguasaan TIK, Kompetensi Guru