ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SEKOLAH DASAR
Analysis of Student's Beginning Reading Difficulty in Indonesian Lessons in Class II Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v5i1.13446Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa dalam belajar membaca permulaan, faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar membaca permulaan, dan cara guru mengatasi kesulitan tersebut sehingga tuntutan ketercapaian tujuan pembelajaran tetap terpenuhi dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan pada penelitian ini adalah 1 orang guru dan 4 siswa di kelas II SDN 161/VI Muara Siau III, Hasil penelitian ini adalah 4 dari 4 orang siswa di kelas II mengalami kesulitan belajar membaca permulaan dalam mengeja huruf menjadi suku kata, mengeja suku kata menjadi kata, dan membedakan huruf b-d. Kesulitan ini disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor fisik, faktor minat, dan faktor keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa ini yaitu mengajak siswa mengeja huruf sambil bernyanyi, mengingatkan siswa akan manfaat dan pentingnya membaca, serta menghubungi orang tua/wali murid agar lebih memerhatikan kegiatan belajar membaca siswa dirumah.
Kata kunci: Kesulitan belajar, Membaca Permulaan