PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDIT ASY-SYIFA KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Implementation of Thematic Learning in Grade II SDIT Asy-Syifa Jambi City During the Covid-19 Pandemic

Authors

  • Nadya Aprilia
  • Nazurty Universitas Jambi
  • Hadiyanto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v5i2.13283

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mandeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 yang saat ini dirasakan oleh guru dan peserta didik yang mana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di rumah atau sistem jarak jauh sebagai upaya menekan penyebaran covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan juga mendeskripsikan hasil penelitian Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDIT Asy-Syifa Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sudah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring seperti Handphone/Android. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat membangkitkan minat serta motivasi belajar peserta didik yang sebelumnya peserta didik kurang termotivasi belajar hanya lewat whatshapp. Dengan adanya pembelajaran daring, membuat guru lebih kreatif dengan memanfaatkan fasilitas teknologi. Meningkatkan kemandirian, kemajuan dalam penggunaan tekhnologi dan minat belajar adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-01