EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDK BINA KASIH JAMBI

Effectiveness Of Online Remedial Teaching To Mathematics Learning Outcomes Students SDK Bina Kasih Jambi

Authors

  • Sofhia Everlyne
  • Muhaimin Universitas Jambi
  • Muhammad Ali Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v5i2.13074

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis efektivitas pembelajaran remedial secara daring terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika di SDK Bina Kasih Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah concurrent triangulation designs. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDK Bina Kasih Jambi yang berada di Kecamatan Jelutung Jambi. Teknik yang digunakan dalam desain penelitian sequential exploratory, yang terdiri dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini digunakan dua pendekatan, yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 57,8%. Tanggapan siswa terhadap pelajaran matematika meningkat sebesar 64,3%. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 50 point. Hasil uji t memperoleh nilai thitung dengan sebesar 2,82. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran remedial secara daring secara efektif dapat memperbaiki proses pembelajaran klasikal. Pembelajaran remedial secara daring sangat efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK.

Kata Kunci : Remedial, Pembelajaran, Daring, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-01