PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI CEDERA DAN CARA PENANGANANNYA

Development Of Problem-Based Learning (Pbl) Student Worksheets On Injury Materials and How to Handle Them

Authors

  • Akbar Alif Iskandar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v5i1.12986

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan kemanarikan peserta didik terhadap media Lermbar Kerja Peserta Didik Berbasis PBL Pada Materi Cidera Dan Cara Penanganan Cidera yang dikembangkan. Subjek penelitian yang terlibat terdiri dari ahli (ahli materi dan ahli media) dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Excellent Mandiri School. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kelayakan LKPD berbasis PBL berdasarkan penilaian ahli media sangat layak, dengan presentase  96,87% dan ahli materi pada aspek kelayakan isi memperoleh 95,83%, pada aspek kelayakan penyajian memperoleh 97,22%, dan aspek kelayakan bahasa memperoleh 97,22%.  Peserta didik memberikan respon positif terhadap kemenarikan LKPD berbasis PBL sebagai media pembelajaran, pada uji kelompok kecil memperoleh presentase 91,12%, dan uji lapangan meperoleh presentase 92,10%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL dinyatakan sangat layak dan menarik untuk dijadiakan sebagai media pembelajaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada materi cidera dan cara penanganan cidera seklah dasar kelas IV.

Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, PJOK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-01