ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19
Analysis of The Impact of Online Learning On Math Lessons During the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v4i2.12950Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai Analisis Dampak Pembelajaran Daring pada Pelajaran Matematika Kelas VI di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring sangat berdampak bagi peserta didik terutama kelas VI dalam memperdalam pemahaman mengenai pembelajaran matematika yang didapatkan oleh peserta didik itu sendiri, karena belajar daring kurang efektif apalagi pada pembelajaran matematika yang lebih memahami tentang hitung-hitungan dan rumus. Pada proses pembelajaran daring lambatnya umpan balik guru kepada peserta didik atau peserta didik kepada guru hal ini juga dapat memicu kurang efektif dalam proses pembelajaran daring.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika