PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19
Teacher's Problem With Integrative Thematic Learning During the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v4i1.12934Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di kelas VI pada masa pandemi COVID-19 di Madrasah Ibtidaiyah Mathali’ul Huda Muaro Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas VI, kepala sekolah, dan kepala yayasan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengadopsi dari miles dan huberman yang menggunakan tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa pembelajaran tematik integratif tidak berjalan secara maksimal, adapun kendala dalam pembelajaran berupa faktor internal dan external guru. Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu di temukan fakta bahwa di area sekolah madrasah ibtidaiyah mathali’ul Huda sangat tidak efektif dalam melangsungkan pembelajaran tematik integratif karena kendala signal internet. Sehingga implikasi dalam penelitian ini diharapkan guru dapat mengantisipasi faktor external problematika pembelajaran tematik integrtif pada masa pandemi COVID-19.
Kata kunci: Problematika, Tematik integratif, COVID-19