PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU
Development Of Videoscribe Learning Media For Class Iv Sd / Mi Students On Theme The Beautiful Of Diversity In My Country
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v4i1.12861Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa media pembelajaran Videoscribe yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di kelas IV SD/MI serta mengetahui persepsi siswa dan persepsi guru terhadap media pembelajaran Videoscribe pada pelajaran tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Hasil validasi media memperoleh skor >80% (sangat valid) dan hasil validasi bahasa memperoleh skor >75% (valid). Persepsi guru dan siswa setelah penerapan produk juga memperoleh skor respon yang baik. Persepsi guru 74,7% (baik) dan 82,7% (sangat baik) pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Sedangkan persepsi siswa memperoleh skor 84,5% (sangat baik) dan 91,3% (sangat baik) pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Dari ke dua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Videoscribe adalah Valid dan dapat dijadikan sebagai pelengkap buku tematik kelas IV SD pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku.
Kata kuci: Pengembangan media pembelajaran, videoscribe.