PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SECARA ONLINE MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI KLINIS DI SEKOLAH DASAR KRISTEN BINA KASIH JAMBI

Improve Basic Teaching Skills of Teachers Online Through a Clinical Supervision Approach at the Christian Elementary School Bina Kasih Jambi

Authors

  • Ria Murni Saragih Magister Pendidikan Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v5i2.12846

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru pada pelaksanaan pembelajaran dan upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru melalui supervisi klinis di SD Kristen Bina Kasih Jambi. Dalam penelitian tindakan sekolah ini data kualitatif berupa data hasil catatan observasi, wawancara dan hasil dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah upaya peningkatan keterampilan dasar mengajar guru dapat dilakukan melalui supervisi klinis. Supervisi klinis dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu kegiatan pra opservasi, observasi kelas, dan pertemuan balikan. Penelitian supervisi klinis ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan keterampilan mengajar guru yaitu keterampilan membuka pelajaran, keterampilan melaksanakan kegiatan inti, kegiatan penutup, penggunaan alat peraga yang tepat dan maksimal, sehingga pembelajaran semakin bersemangat dan menarik. 

Kata Kunci: Supervisi klinis, keterampilan mengajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-01