PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DALAM PENCEGAHAN RESIKO JATUH PADA LANSIA

Penulis

  • Jajuk Kusumawaty STIKes Muhammadiyah Ciamis

Abstrak

Latar Belakang : Resiko jatuh adalah suatu kejadian yang mengakibatkan seseorang mendadak terbaring, terduduk di lantai atau tempat yang lebih rendah dengan atau tanpa kehilangan kesadaran atau luka. Untuk menghindari resiko jatuh, diperlukan pengetahuan keluarga yang baik dalam merawat lansia untuk meningkatkan status kesehatan lansia.

Tujuan : Untuk memperoleh gambaran mengenai pengetahuan dan sikap keluarga dalam pencegahan resiko jatuh pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Handapherang Kabupaten Ciamis tahun 2018.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah sampel 99 orang dari 6587 populasi, teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling.

Hasil Penelitian : Pengetahuan keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia sebagian besar berkategori kurang yaitu sebanyak 57 orang (57.6%) dan sikap keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia sebagian besar berkategori unfavorable sebanyak 60 orang (60.6%).

Pembahasan dan Kesimpulan : Pengetahuan dan sikap keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia mayoritas kurang salahsatu factor yang mempengaruhinya adalah tingkat pendidikan dan pemahaman serta tingkat penghasilan yang masih rendah .

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-26 — Diperbaharui pada 2018-12-26

Versi

Cara Mengutip

Kusumawaty, J. (2018) “PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DALAM PENCEGAHAN RESIKO JATUH PADA LANSIA”, JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI, 3(2). Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JNJ/article/view/6479 (Diakses: 3Juli2024).