Penambahan Minyak Kelapa Murni (VCO) pada Jus Tomat Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi

Penulis

  • Dasuki Dasuki Program Studi Ilmu Keperwatan, STIKES Harapan Ibu, Jambi

Abstrak

Hipertensi merupakan silent killer dimana hipertensi adalah salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas di Indonesia, sehingga tatalaksana penyakit ini merupakan intervensi yang sangat umum dilakukan diberbagai tingkat fasilitas kesehatan. Salah satunya adalah mengkonsumsi jus tomat dengan penambahan minyak VCO. Tomat memiliki manfaat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Jenis penelitian yang digunakan Quasy eksperimen atau eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh yang menderita hipertensi di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi sebanyak 2018 orang dengan jumlah sampel 28 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 05 - 18 Juli 2018. Analisa data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 responden rata-rata tekanan darah sistolik pasien hipertensi sebelum penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat adalah 150 /mmHg, dan rata-rata tekanan darah sistolik pasien hipertensi sesudah penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat adalah 140 mmHg dengan selisih 10. Rata-rata tekanan darah diastolik pasien hipertensi pre test adalah 100 mmHg, dan rata-rata tekanan darah diastolik pasien hipertensi post test adalah 90 mmHg dengan selisih 0. Hasil uji statistik didapat nilai p-value < 0,05. Diharapkan agar pihak Puskesmas mensosialisasikan manfaat penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat terhadap perubahan tekanan darah, sehingga penderita hipertensi dapat mengkonsumsi jus tomat dengan penambahan minyak VCO sebagai alternatif minuman untuk menurunkan tekanan darah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-26 — Diperbaharui pada 2018-12-26

Versi

Cara Mengutip

Dasuki, D. (2018) “Penambahan Minyak Kelapa Murni (VCO) pada Jus Tomat Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi”, JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI, 3(2), hlm. 1-11. Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JNJ/article/view/6477 (Diakses: 3Juli2024).