Hubungan Pola Asuh Ibu dan Personal Hygiene dengan Kejadian Kecacingan pada Anak Usia 2-4 Tahun di Kelurahan Kasang Kota Jambi Tahun 2018

Penulis

  • Dian Octavia Program Studi Ilmu Keperwatan, STIKES Harapan Ibu, Jambi

Abstrak

Latar Belakang: Penyakit kecacingan merupakan penyakit yang saat ini memiliki tingkat prevalensi tertinggi pada anak usia prasekolah. Data dari Dinas Kesehatan Kota Jambi, diketahui sebanyak 696 kasus infeksi kecacingan. Berdasarkan survei dan observasi dari beberapa Kelurahan di Jambi, warga kasang mengatakan bahwa di daerah tersebut sering terjadi banjir sehinggalingkungannya beresiko terjadi kecacingan. Selain itu, banyak anak-anak saat bermain tidak mengunakan alas kaki sehingga mempermuda parasit masuk ke dalam tubuh.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dan personal hygiene  dengan kejadian kecacingan pada anak usia 2-4 tahun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kasang Kota Jambi pada tanggal 1-24 Agustus 2018.Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 2-4 tahun sebanyak 272 orang. Sampel sebanyak 79 ibu diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji spearman.Hasil penelitian ini menunjukkan dari 79 responden, sebagian besar menerapkan pola asuh positif sebanyak 46 responden (58,2%), sebagian besar responden (50,8%) melakukan personal hygiene dengan baik dan sebagian besar responden (50,6%) tidak cacingan. Pola asuh ibu (sig. 0,000) dan personal hygiene (sig. 0,000) dengan kejadian cacingan pada anak usia 2-4 tahundengan nilai p value < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh dan personal hygiene dengan kecacingan. Diharapkan hasil penelitian dapat dipergunakan sebagai sumber informasi bagi Puskesmas dan masyarakat untuk melakukan pencegahan dan penanganan kejadian kecacingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-26 — Diperbaharui pada 2018-12-26

Versi

Cara Mengutip

Octavia, D. (2018) “Hubungan Pola Asuh Ibu dan Personal Hygiene dengan Kejadian Kecacingan pada Anak Usia 2-4 Tahun di Kelurahan Kasang Kota Jambi Tahun 2018”, JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI, 3(2). Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JNJ/article/view/6476 (Diakses: 3Juli2024).