Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Sebagai Pengolah Data Nilai Raport Di SMK PGRI I Palembang

Authors

  • Hendra Effendi STMIK PalComTech Palembang, Indonesia
  • Jaka Purnama STMIK PalComTech Palembang, Indonesia
  • Yayuk Ike Melani STMIK PalComTech Palembang, Indonesia
  • Vivi Mayah STMIK PalComTech Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.14098

Abstract

Aplikasi pengolahan nilai raport merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelolah data nilai-nilai siswa. Pengolahan nilai rapor yang dilakukan oleh SMK PGRI 1 Palembang masih menggunakan cara konvensional. Dalam proses merekap nilai satu persatu sering terjadi kesalahan penulisan sehingga proses pengolahan data nilai terhambat dan membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya. Aplikasi yang digunakan untuk mengolah nilai rapor adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel juga dapat digunakan sebagai alat perangkingan nilai-nilai yang dapat digunakan oleh guru. Sasaran mitra dari pengabdian ini adalah guru-guru yang ada di SMK PGRI 1 Palembang. Pengabdian ini akan diselesaikan dalam tiga tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey untuk melihat kondisi di lapangan mengenai kegiatan Siswa SMK PGRI 1 Palembang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan langsung kepada peserta, yaitu dengan teknik presentasi dan dilanjutkan dengan latihan praktek kepada guru SMK Negeri PGRI 1 Palembang. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah guru dapat mengaplikasikan Microsoft Excel sebagai alat dalam melakukan pengolahan data nilai siswa SMK PGRI 1 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Effendi, H. ., Purnama, J. ., Melani, Y. I. ., & Mayah, V. . (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Sebagai Pengolah Data Nilai Raport Di SMK PGRI I Palembang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 178-182. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.14098