Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM <p>Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM) merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat di bidang Inovasi dan Teknologi. JITDM menerima naskah dari peneliti, akademisi, dan praktisi serta masyarakat luas yang mempunyai ketertarikan dalam pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan keilmuan dan implementasi melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat. JITDM mengundang peneliti, akademisi, praktisi serta masyarakat yang berminat dibidang inovasi dan teknolog. Naskah yang masuk ke Jurnal JITDM akan direview dengan sistem <em>double blind review </em>dan direview oleh reviewer yang berasal dari berbagai ahli di perguruan tinggi negeri terkemuka. JITDM terbit sebanyak tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember.</p> en-US jitdm_feb@unja.ac.id (Syahmardi Yacob) ade.perdana@unja.ac.id (Ade Perdana Siregar) Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemasaran Online Olahan Produk Nanas Pada Usaha Mikro Desa Tangkit Baru https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30646 <p><em>Pemasaran online merupakan suatu aktivitas yang tidak dapat diabaikan di era bisnis digital </em><em>bagi uusaha Mikrokecil sebagai suatu strategi untuk memperluas jaringan pemasaran mengunakan berbagai media digital/sosial</em><em>. Kegiatan </em><em>Pengabdian ini </em><em>bertujuan membantu memecahkan problem rendahnya literasi digital dan masalah pemasaran u</em><em>usaha Mikroyang masih terbatas karena masih mengandalkan pemasaran konvensional (offline). </em><em>Solusi yang dilakukan adalah fasilitasi pelatihan </em><em>literasi digital dan </em><em>pemasaran melalui media sosial</em><em> (0nline).</em> <em>M</em><em>itra peserta pelatihan ini adalah kelompok Usaha pengolahan nenas </em><em>di </em><em>Desa Tangkit </em><em>B</em><em>aru </em><em>yaitu </em><em>Kelompok Abadi Group sebanyak 1</em><em>0 </em><em>&nbsp;</em><em>U</em><em>saha mikro</em><em>.</em> <em>Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi/tanyajawab, demonstrasi/simulasi serta praktek langsung dalam pembuatan </em><em>dan editing </em><em>foto dan video serta memposting ke media sosial</em><em> yang relevan bagi SAHA MIKROuntuk pemasaran online mereka.</em><em> Luaran kegiatan ini berupa meningkatnya literasi digital terkait pemanfaatan media sosial </em><em>untuk memperluas akses pemasaran online </em><em>di kelompok mitra</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> Besse Wediawati, Rike Setiawati, Shoifa Amin, Fitri Widiastuti, RTS Ratnawati Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30646 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Penyuluhan Kewirausahaan Pengurus dan Anggota Koperasi Jasa Tunas Mandiri Singkut Kabupaten Sarolangun https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/27954 <p><em>Tujuan pengabdian ini adalah u</em><em>ntuk</em> <em>meningkatakan pengetahuan dan keterampilan pengurus dan anggota Koperasi Tunas Mandiri Singkut dalam</em> <em>mengelola koperasi dan unit usahanya</em><em>.Target khusus dari kegiatan ini adalah peningkatan </em><em>pengetahuan</em><em> dan keterampilan </em><em>pengurus dan anggota koperasi Tunas Mandiri</em><em>.</em><em> Pen</em><em>gabdian </em><em>ini</em> <em>hanya</em> <em>memfokuskan</em> <em>mengenai</em> <em>Peningkatan</em> <em>pengetahuan dan keterampilan</em> <em>tentang</em> <em>mengelola koperasi dan unit usahanya</em><em>.</em> <em>Peningkatan</em> <em>pengetahuan dan </em><em>keterampilan</em> <em>yang dimaksud mencakup pengetahuan membuat laporan keuangan, membuat rencana usaha terkait </em><em>produk</em><em>, harga, promosi, distribusi dan </em><em>peningkatan</em> <em>kemampuan</em> <em>mengelola</em> <em>usaha</em> <em>dalam</em> <em>situasi</em> <em>persaingan yang mendekati</em> <em>situasi</em> <em>bisnis</em> <em>nyata yang dinamis</em><em> dan </em><em>peningkatan</em> <em>kemampuan</em> <em>mengelola</em> <em>usaha</em><em> sebenarnya </em><em>dalam</em> <em>situasi</em> <em>persaingan yang nyata yang dinami</em><em>s.</em><em> Diharapkan pada akhirnya akan meningkatkan kinerja Koperasi Tunas Mandiri. Metode</em><em> pengabdian</em><em> yang </em><em>akan </em><em>digunakan</em> <em>adalah</em><em> ceramah, diskusi, audio visual, simulasi</em><em>, </em><em>praktik</em><em> dan pendampingan</em><em>. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan penyuluhan</em><em> dan pendampingan</em><em>.</em> <em>Evaluasi dan monitoring kegiatan dilakukan berdasarkan table evaluasi yang telah disepakati sebelumnya yang secara umum menilai keaktifan peserta kegaitan sejak penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Seluruh kegiatan mulai dari sosialisasi sampai pembuatan laporan membutuhkan waktu selama 8 bulan. Target khusus kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus dan anggota Koperasi Tunas Mandiri yang sebelumnya masih lemah dari sisi pengetahuan dan keterampilan mengelola koperasi menjadi meningkat pengetahuan dan keterampilannya minimal 70%. Kegiatan </em><em>pengabdian kepada maysarakat ini sudah dilakukan sesuai rencana dan </em><em>telah berhasil mencapai target yang ditetapkan.</em> <em>Kegiatan </em><em>Penyuluhan</em><em> Kewirausahaan Pengurus Dan Anggota Koperasi </em><em>Jasa </em><em>Tunas Mandiri</em><em> ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta, yang terdiri dari para Pengurus Dan Anggota</em><em> Koperasi Tunas Mandiri Singkut Sarolangun</em><em>.</em><em> Hal ini ditunjukkan dari antusiasnya peserta mengikuti kegiatan ini dari awal sampai berakhirnya kegiatan ini, juga dari semangatnya peserta mengikuti kegiatan secara aktif</em><em>. </em><em>Keberlanjutan dari hasil kegiatan pembinaan yaitu diharapkan pengurus dan anggota koperasi mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam menjalankan usaha pada Koperasi Tunas Mandiri. </em><em>Luaran dari kegiatan ini adalah artikel di jurnal nasional ber ISSN, </em><em>p</em><em>eningkatan </em><em>pengetahuan</em> <em>dan keterampila mitra, video kegaitan, dan berita online.</em></p> Dahmiri, Zamzami, Yuliusman, Al Parok, Nyimas Dian Maisyarah Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/27954 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pelatihan Pembuatan Konten dan Digital Marketing Produk UMKM di Kecamatan Palayangan https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30227 <p>Pelatihan pembuatan konten menggunakan platform digital yang ditujukan untuk kelompok masyarakat didalam meningkatkan volume penjualan para pelaku UMKM kecamatan palayangan. Target yang ingin dicapai yaitu implementasi pendampingan para pelaku UMKM dengan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka secara efektif melalui platform digital berbasis online. Dengan meningkatkan pemahaman peserta mengenai pengaplikasian platform digital, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pesanan produk UMKM handicraft atau souvenir. Metode pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang digunakan yaitu ceramah dengan porsi sebesar 20 %, pelatihan pembuatan konten platform digital dengan porsi sebesar 40 %, pendampingan kepada pelaku UMKM dengan porsi sebesar 40 %. Melalui langkah-langkah yang meliputi: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi untuk melihat peningkatan dan perkembangan para pelaku UMKM sebelum dan sesudah dilakukannya pendampingan.</p> Fitri Chairunnisa, Dian mala fithriani aira, Garry Yuesa Rosyid, Sry Rosita, Husni Hasbullah Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30227 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Usaha Mikro Perempuan Penerima Program Keluarga Harapan di Kecamatan Telanaipura https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30671 <p><em>Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Jambi telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian bantuan sosial secara tunai bersyarat. Fokus utama program ini adalah mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dan rentan, sambil meningkatkan akses mereka ke layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Salah satu kecamatan penerima manfaat, yaitu Kecamatan Telanai Pura, menjadi lokasi utama kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (P2M) Mahasiswa Universitas Jambi.&nbsp;</em></p> Sholi Aulia, M. Syahid Izzuddin, Suci Wulandari, Arimbi Harianja, Ahmad Rafi'i, Besse Wediawati Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30671 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pembudidayaan Ikan Lele Sebagai Penunjang Ekonomi dan Kreatifitas Masyarakat Desa Sungai Gelam https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30807 <p>Ikan lele sangkuriang merupakan salah satu ikan konsumsi air tawar yang mempunyai keuntungan cukup baik. Penerapan teknologi bioflok pada budidaya ikan lele meningkatkan biaya pakan hingga 300 (20% dari total biaya produksi ) Tujuan penelitian adalah mengetahui pengembangan ikan lele, jenis ikan yang digemari masyarakat dengan rasa yang lezat, daging empuk, duri teratur dan dapat disajikan dalam berbagai menu masakan. Budidaya ikan lele memang lebih baik jika dibandingkan dengan budidaya ikan air tawar lainnya, karena ikan lele cenderung lebih cepat dewasa dibandingkan air tawar lainnya. Ikan lele sudah dapat dujual dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan sesuai pemeliharaannya.</p> <p>&nbsp;</p> Nela Safelia, Santa Monica Br. Siringo Ringo, Muhammad Agung Pratama, Meiyuli, Elisa Danuarta Lumban Tungkup, Elisa Danuarta Lumban Tungkup, Nurulfa Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/30807 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Digital Marketing Dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM Inovasi Angkringan https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/29034 <p>Dalam mempasarkan suatu produk untuk mencapai tujuan suatu perusahaan memerlukan strategi <br />pemasaran yang tepat sasaran. Dalam prosesnya suatu produk harus berinovasi agar beralih ke digital marketing untuk mempermudah para konsumen agar lebih efisien. Media pemasaran digital merupakan media pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan atau UMKM yang sudah ada baik usaha mikro maupun usaha makro yang dianggap sebagai salah satu usaha yang bisa menghadirkan produk agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dengan adanya pemasaran yang baik dan berinovasi maka akan menciptakan daya tarik tersendiri oleh konsumen dan tentunya akan meningkatkan pendapatan. Penelitian ini dilakukan untuk menyadarkan pelaku UMKM agar <br />secepatnya beralih ke dunia digital. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu metode kualitatif. Objek atau sasaran yang dituju yaitu pelaku UMKM. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa inovasi digital sangat berpengaruh terhadap daya tarik konsumen</p> <p><sup>Â </sup></p> Ainiyah Afifah, Khaerunnisa Tri Darmaningrum Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/29034 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Nanas Goreng Khas Jambi melalui Pelatihan Digital Marketing dan Financial Technology https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/31045 <p><em>UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian, dimana pada tahun 2021 Indonesia merupakan negara yang dengan jumlah UMKM terbesar di ASEAN, tetapi Indonesia memiliki kontribusi terhadap ekspor dibawah negara lain ASEAN, yaitu Singapura dan Thailand. Kabupaten Muaro Jambi merupakan Kabupaten dengan peningkatan jumlah unit usaha terbesar di Provinsi Jambi pada tahun 2021. Pertumbuhan UMKM yang meningkat tidak sebanding dengan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan ekspor. Desa Tangkit Baru merupakan desa penghasil nanas yang menjadi komoditas unggulan di Provinsi Jambi. Sangat banyak produk hasil olahan dari nanas yang di produksi, salah satunya adalah produk selai nanas goreng. Mitra dalam pengabdian ini adalah Malakue di Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan mitra yang diprioritaskan akan diselesaikan adalah 1) aspek pemasaran, mitra belum melakukan penjualan secara online, hal ini disebabkan masih lemahnya pemahaman mitra dalam melakukan promosi dan penjualan secara online; 2) Aspek keuangan, masih lemahnya pemahaman mitra dalam mencari sumber permodalan. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode sosial memberikan pelatihan kepada mitra mengenai peningkatan kemampuan manajemen pemasaran dengan digital marketing dan manajemen keuangan dalam financial technology</em></p> Tona Aurora Lubis, Asep Machpuddin, Firmansyah Firmansyah, Novita Ekasari, Ade Perdana Siregar, Hanan Laras Sabrina Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/31045 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700