Pengembangan Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis Melalui Digital Marketing (Pembayaran Digital Q-Ris) Bagi UMKM Kopi Rakyat Skena
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v6i3.41625Keywords:
Digital Marketing, QRIS, Kewirausahaan, Manajemen BisnisAbstract
Dalam Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM Kopi Rakyat Skena melalui pengembangan kewirausahaan dan manajemen bisnis berbasis digital. Fokus utama program ini adalah implementasi digital marketing dan sistem pembayaran digital QRIS guna meningkatkan jangkauan pasar dan efisiensi transaksi. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa pelatihan digital marketing membantu meningkatkan interaksi pelanggan dan pertumbuhan jumlah pengikut media sosial Selain itu, adopsi sistem pembayaran QRIS mitra UMKM meningkatkan transaksi non-tunai dalam tiga bulan. Pendampingan dalam pencatatan keuangan dan manajemen stok juga meningkatkan transparansi keuangan serta efisiensi operasional. Meskipun terdapat tantangan dalam literasi digital dan adaptasi teknologi, pendampingan berkelanjutan menjadi solusi utama untuk memastikan keberlanjutan program ini. Oleh karena itu, diperlukan dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak guna mempercepat transformasi digital UMKM dan meningkatkan daya saing mereka di pasar.